Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 19 November 2018 | 08:59 WIB

Ini Makna Asian Games Bagi Sektor Infrastruktur

Oleh : Wahid Ma'ruf | Kamis, 19 Juli 2018 | 09:55 WIB

Berita Terkait

Ini Makna Asian Games Bagi Sektor Infrastruktur
Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Sleman - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan penyelenggaraan Asian Games 2018 merupakan pembuktian kehormatan bagi bangsa Indonesia. Selain itu, juga untuk membuktikan tiga kemampuan bangsa.

"Tentu untuk memperlihatkan kemampuan kita baik dalam pembangunan infrastruktur olahraga, kemampuan kita mengorganisasi, dan insya Allah kemampuan kita berprestasi dalam berolahraga. Tiga hal tersebut adalah sangat penting," ujar Wapres JK dalam sambutannya saat membuka Konser Kirab Obor di Lapangan Brahma, Kompleks Candi Prambanan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu (18/7/2018), seperti mengutip dari laman resmi Kementerian PUPR.

Turut hadir dalam acara tersebut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menko PMK Puan Maharani, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Ketua Inasgoc Erick Thohir.

Dalam acara kirab obor tersebut, Wapres Jusuf Kalla menerima obor api Asian Games 2018 yang telah disatukan antara api abadidari Nasional Dhyan Chand, New Delhi, India sebagai tuan rumah Asian Games pertama, dengan api dari Indonesia yang diambil dari Mrapen, Jawa Tengah.

Wapres JK menerima api itu dari atlet bulutangkis senior Susi Susanti dan atlet tenis senior Yustedjo Tarik. Obor api tersebut kemudian diserahkan ke atlet bulu tangkis asal Yogyakarta, Kinarsih, sebagai perwakilan dari atlet Indonesia. Api itu nantinya akan dibawa keliling Indonesia secara estafet dan finish di Stadion Utama GBK saat pembukaan Asian Games 2018.

Menteri PUPR Basuki Hadinuljono mengatakan, untuk venue di kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta sudah rampung seluruhnya, dan siap digunakan untuk pertandingan. Adapun venue yang berada di Kompleks GBK Jakarta antara lain Stadion Utama, Training Facility, Stadion Akuatik, Lapangan Panahan, Lapangan Hoki, Lapangan Sepak Bola A/B/C, Istora, Stadion Tenis Inddoor, Stadion Tenis Outdoor, Stadion Madya, Gedung Basket, Lapangan Baseball, Lapangan Basket A/B/C, serta Lapangan Rugby.

Sementara untuk di Jakabaring Sport City Palembang, tiga venue yang dibangun oleh Kementerian PUPR telah selesai dan diresmikan oleh Presiden Jokowi pada Sabtu lalu (14/7/2018), diantaranya yakni arena menembak, dayung dan skateboard.

Komentar

x