Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 19 Agustus 2018 | 09:15 WIB

Jonan Kurang Pede Kejar Target EBT 2025

Oleh : Wahid Ma'ruf | Jumat, 20 Juli 2018 | 13:53 WIB
Jonan Kurang Pede Kejar Target EBT 2025
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan mengaku kurang percaya diri alias kurang pede target energi baru terbarukan (EBT) sebesar 23% dalam bauran energi nasional dapat tercapai di 2025.

"Menurut saya tidak mudah memang (EBT) untuk capai itu. Ada beberapa hal. Mungkin suatu hari bisa 20 persen lebih," kata Jonan di Jakarta, Kamis (19/7/2018).

Kendati begitu, klaim mantan menteri Perhubungan ini, pemerintah tetap berupaya mengejar target. Paling tidak sampai porsi EBT mencapai 20%.

"Haprapannya bisa sampai 20 persen lebih suatu hari, mengganti PLTD milik PLN sebanyak 3.200 MW kapasitas terpasang dengan mesin diesel yang menggunakan kelapa sawit. Kalau bisa dilakukan itu 5 tahun nabati 5 persen nambahnya kapasitas sekarang," kata dia.

Jonan dalam kesempatan ini mengamini capaian EBT baru mencapai 13 persen. "Plannya apa saja, itu Pak Rida (Mulyana)," kata dia.

Sebelumnya Direktur Jenderal Energi Terbarukan, Kementerian ESDM, Rida Mulyana optimistis target bauran energi bisa tercapai pada 2025 mendatang. Pemerintah menargetkan bauran energi mencapai 23 persen pada 2025 mendatang.

Rida tak menampik untuk mencapai target ini bukan hal yang mudah. Tapi, dengan target tersebut pemerintah menjadi memiliki tantangan untuk bisa mewujudkan energi bersih di Indonesia. Namun, kata Rida, energi bersih saja tidak cukup. Energi bersih juga perlu mudah di akses oleh masyarakat. [hid]

Komentar

x