Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 18 Oktober 2018 | 08:50 WIB

KESDM Evaluasi 2 Peminat Blok Rokan

Oleh : Indra Hendriana | Jumat, 20 Juli 2018 | 16:33 WIB

Berita Terkait

KESDM Evaluasi 2 Peminat Blok Rokan
Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arcandra Tahar - (Foto: inilahcom/Eusebio CT)

INILAHCOM, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) belum memutuskan pihak yang akan menjadi pengelola Blok Rokan. Apakah Chevron atau PT Pertamina (Persero).

Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arcandra Tahar mengatakan pihaknya saat ini masih mengevaluasi proposal dari Pertamina dan perusahaan asal Amerika Serikat itu.

"(Blok) Rokan sekarang lagi kami evaluasi. Dua (proposal), Chevron dan Pertamina," kata Arcandra di Gedung ESDM, Jakarta, Kamis (20/7/2018).

Arcandra menyebut, baik Chevron dan Pertamina sudah mengajukan proposal yang sudah direvisi. ESDM diketahui sebeumnya kembalikan proposal Chevron dan Pertamina karena kurang lengkah.

"Hari ini Chevron kasih proposal (ke Kami) final. (Pertamina juga) Sudah masukan (proposal), kami (sedang) evaluasi," kata dia.

Namun demikian, dia mengamini proposal pertamina yang direvisi belum mencantumkan besaran bonus tanda tangan alias signature bonus. Pertamina kata dia, masih meminta waktu untuk menentukan besaran bonus pada pemerintah.

"Sisi komersial mereka (Pertamina) minta waktu. Itu akan dimasukan kemudian (nyusul). Program dulu, lalu komersialnya nanti kemudian," ujar Arcandra.

Pertamina, lanjut Arcandra, masih mendiskusikan mengenai besaran bonus tersebut. "Mereka harus bahas internal dulu," ujar dia.

Adapun produksi siap jual atau lifting Blok Rokan sejak awal Januari hingga akhir Juni 2018 mencapai 207.148 barel per hari (bph) atau 97 % dari target 213.551 bph. SKK Migas memprediksikan, hingga akhir tahun ini, lifting minyak Blok Rokan mencapai 205.952 bph atau 96,4 % dari target. [hid]

Komentar

x