Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 19 Agustus 2018 | 09:10 WIB

Inalum: Transaksi Freeport Tak harus Tahun Ini

Oleh : M Fadil Djailani | Senin, 23 Juli 2018 | 15:09 WIB
Inalum: Transaksi Freeport Tak harus Tahun Ini
(Foto: istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Head of Corporate Communication PT Inalum, Rendi A Witular mengklaim CEO Freeport, McMoran menginginkan divestasi 51 % saham perusahaan tambang itu cepat selesai.

"Semua selesaikan tahapan setelah HoA secara paralel, kapan waktunya? Kami, Rio Tinto maupun Freeport McMoran menginginkan secepatnya. Tidak ada perjanjian resmi harus selesai akhir tahun," kata Rendi dalam acara Forum Merdeka Barat, di Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta, Senin (23/7/2018).

Dengan begitu, tahapan setelah Head of Agreement (HoA) akan dikebut. Ini merupakan komitmen bersama antara PT Inalum dan Freeport McMoran untuk segera menyelesaikan. "Semua tahapan setelah HoA kami lakukan secara pararel dan kita harapkan financial close secepatnya," katanya.

Dia kembali menekankan semua pendanaan untuk proses divestasi ini berasal dari pinjaman bank asing. Dia menegaskan, bank BUMN tidak ikut terlibat.

Direktur Utama Inalum, Budi Gunadi Sadikin sudah menyebut 11 bank siap membantu pendanaan terkait divestasi Freeport.

Selain pinjaman dari bank, Inalum juga mengandalkan kas internal untuk membeli mayoritas saham industri emas terbesar di dunia itu.

Apalagi, nilai divestasi 51% saham Freeport tidak main-main. Jumlahnya mencapai US$3,85 miliar dengan rincian US$3,5 miliar untuk pembayaran hak partisipasi Rio Tinto. Sisanya yang US$350 juta dialokasikan untuk Indocopper.

Inalum memang harus menguasai saham Indocopper agar kepemilikan di PTFI, bisa menjadi mayoritas atau 51%.

Di sisi lain, posisi US$ tunai yang dimiliki Inalum hanya US$1,5 miliar.
Inalum dan pengendali saham PT FI, Freeport-Mcmoran Inc (FCX) telah menyepakati Pokok-Pokok Perjanjian (Head of Agreement/HoA) divestasi sebesar 51% saham PT FI pada Jumat, (12/7/2018).

Dengan adanya HoA tersebut maka struktur organisasi dan harga divestasi sudah final sehingga tidak ada lagi perubahan ke depan meskipun transaksi masih dalam proses penyelesaian. Selanjutnya akan finalisasi perjanjian pembentukan perusahaan patungan. [hid]

Komentar

x