Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 18 Agustus 2018 | 17:31 WIB

Kapal Karam Marak, DPR Kritik Keras Menhub Budi

Oleh : - | Rabu, 25 Juli 2018 | 06:09 WIB
Kapal Karam Marak, DPR Kritik Keras Menhub Budi
Anggota Komisi V DPR, Nurhasan Zaidi - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Terkait maraknya kecelakaan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi seharusnya bernyali untuk menerapkan aturan tegas di sektor pelayaran nasional.

"Menghadapi masalah regulasi dan penegakan aturan itu harus tegas," kata Anggota Komisi V DPR, Nurhasan Zaidi kepada wartawan di Jakarta, Selasa (24/7/2018).

Menurut Nurhasan, pemerintah pusat harus tegas dan berwibawa karena kerap ditemui seperti dalam pelayaran nasional. Harus diakui, masih banyak pengusaha atau pemilik kapal penumpang yang pura-pura tidak paham dengan aspek keselamatan transportasi.

Untuk itu, ujar dia, aspek keselamatan transportasi, harus selalu menjadi prioritas terutama mengingat wilayah di Indonesia lebih luas lautannya dibandingkab daratannya.

Politisi PKS ini menolak untuk menggunakan kapal penumpang. Karena banyak pelanggaran regulasi keamanan yang terjadi. Misalnya, fasilitas keamanan dan pengamanan yang tidak memadai.

Ironisnya, kata dia, aparat atau petugas di lapangan, seolah menutup mata dengan fenomena ini.

Sebelumnya, Pemerintah juga diminta memfokuskan anggaran untuk meningkatkan keselamatan berkendara berbagai moda transportasi, yang kerap terjadi kecelakaan akhir-akhir ini. "Mari kita fokus ke depan khususnya anggaran 2019, yang berbasis pada keselamatan transportasi dari semua sektor," kata Anggota Komisi V DPR Jhoni Allen Marbun.

Menurut politisi Partai Demokrat itu, keselamatan transportasi harus diprioritaskan dalam penyusunan anggaran 2019. Namun, ia juga mengemukakan bahwa anggaran yang terbatas juga seharusnya tidak menjadi alasan sehingga keamanan dan keselamatan transportasi serta penumpang yang berada di dalam moda transportasi menjadi terabaikan.

"Kita harus akui dimana-mana itu anggaran terbatas,? tetapi kita fokus pada kejadian yang selalu terulang dalam kurun waktu tertentu, sehingga bisa dicari apa penyebabnya dan dilakukan antisipasi," ucapnya.

Untuk itu, ujar dia, pemerintah perlu melakukan evaluasi dan pencegahan secara menyeluruh sehingga kejadian serupa tidak berulang kembali di masa mendatang

Ia juga menyoroti aspek permasalahan teknis seperti kepatuhan petugas dalam menjalankan standar operasional prosedur (SOP), yang juga harus menjadi perhatian bersama. [tar]


Komentar

x