Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 18 Oktober 2018 | 02:33 WIB

Menhub Budi Beberkan Manfaat Infrastruktur Babel

Rabu, 25 Juli 2018 | 17:29 WIB

Berita Terkait

Menhub Budi Beberkan Manfaat Infrastruktur Babel
Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Pangkalpinang - Infrastruktur yang dibangun di era Joko Widodo-Jusuf Kalla bukan omong kosong. Baik sektor darat, laut maupun udara, semuanya mulai dirasakan manfaatnya oleh rakyat.

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa pembangunan infrastruktur yang masif ini, merupakan bagian dari Nawacita Indonesia, program unggulan pemerintah Jokowi-JK.

Disampaikan Budi dalam Diskusi Kebangsaan "Indonesia Maju" di Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung (Babel), Rabu (25/7/2018). Hadir dalam diskusi Kebangsaan ini, Menteri Komunikasi dan Informasi (Kominfo), Rudiantara; Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman; serta Koordinator Kopertis Wilayah II, Slamet Widodo.

Di hadapan ribuan mahasiswa Kopertis Wilayah II Bael, Budi menjabarkan program pemerintah, terutama di sektor infrastruktur yang sudah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, khususnya di wilayah Babel.

"Kita fokus membangun akses Negeri serumpun sebalai tempat awal pelangi bermula. Kita bangun pelabuhan dan bandar udara," kata Budi Gor Sahabudin, Pangkalpinang.

Sebagai daerah yang potensi besarnya adalah sektor pariwisata seperti Bali Bali Baru yang merupakan pariwisata Indonesia maka perlu akses transportasi. Maka untuk mendukung itu semua perlu Bandara dan Pelabuhan.

"Kita bangun Bandara Depati Amar, yang pertahunnya mencapai 1,6 juta penumpang ini naik 120% sementara pergerakan pesawatnya mencapai 6.400 ini naik per tahunnya 100 persen," ujar Budi.

Untuk melayani masyarakat lebih baik dan meningkatkan kapasitas pemerintah juga membangun Bandara HAS Hanandoeddin dan beberapa pelabuhan, seperti Pelabuhan Tanjung Batu. "Ship follows the trade, kita ciptakan dulu maka kegiatan dengan sendirinya akan tumbuh," ujar Budi.

Tidak hanya itu beberapa pelabuhan penunjang juga menjadi perhatian serius pemerintah kepada daerah yang terkenal dengan Laskar Pelanginya ini. Seperti Pelabuhan Pangkalbalam, Pelabuhan TJ Pandan yang merupakan pengumpul arus barang, Pelabuhan TJ Batu sebagai pelabuhan pengumpan lokal, Pelabuhan Mangar, Pelabuhan Muntok.

"Ini semua adalah untuk membuka akses ke pelosok dan bermuara pada sejahtera masyarakat Indonesia. Perkuat Jalur logistik utama untuk merjaut wilayah memantapkan perekonomian regional," kata Budi. [tar]

Komentar

x