Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 21 Oktober 2018 | 01:18 WIB

Devisa Hasil Ekspor dari Pengusaha Seret

Oleh : Mohammad Fadil Djailani | Jumat, 27 Juli 2018 | 14:52 WIB

Berita Terkait

Devisa Hasil Ekspor dari Pengusaha Seret
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta para pengusaha untuk menyimpan devisa hasilekspordi dalam negeri. Sebab, selama ini hanya sebagian kecil saja hasil ekspor pengusaha yang kembali ke Indonesia.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati beranggapan seretnya devisa hasil ekspor pengusaha tanah air, lantaran adanya persepsi terkait kepercayaan di kalangan pengusaha, jika membawa kembali devisanya ke tanah air tidak akan kembali lagi ke pengusaha.

"Tidak ada secara spesifik mengatakan ada halangan bagi mereka (pengusaha). Ada persolan mungkin persepsi yang namanya kepercayaan, apakah mereka akan mendapatkan devisa waktu membutuhkannya kembali," kata Sri Mulyani di Jakarta, Jumat (27/7/2018).

Namun mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia tersebut menjamin bahwa hal tersebut tidak akan terjadi, lantaran pemerintah ingin membuat iklim usaha yang kondusif.

"Kami menyampaikan ke dunia usaha bahwa dalam hal ini Bank Indonesia, pemerintah dari sisi Kemenkeu bertujuan menjaga stabiitas dan kontinuitas kegiatan ekonomi. Sehingga memperkecil atau mengurangi berbagai aspek spekulasi atau tindakan yang merugikan dunia usaha sendiri atau perekonomian secara keseluruhan," katanya.

"Menurut kami tidak ada apa yang disebut halangan secara eksplisit. Tapi kami juga akan melakukan follow up pembicaraan dengan mereka bahwa devisanya masuk ke Indonesia. Pertanyaannya, berapa lama dan apakah sebagian dipakai untuk bahan baku dan bayar kewajiban mereka," katanya. [jin]

Komentar

x