Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 17 Desember 2018 | 04:14 WIB

Nyatanya, Pengusaha Enggan Bawa Devisa

Oleh : M Fadil Djailani | Jumat, 27 Juli 2018 | 20:14 WIB

Berita Terkait

Nyatanya, Pengusaha Enggan Bawa Devisa
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Ternyata pengusaha-pengusaha di tanar air memiliki tabiat yang tak begitu bagus, terutama pengusaha yang memang berkecimpung dalam kegiatan ekspor.

Apa tabiat-nya yang tak bagus itu, ternyata para pengusaha ini malas membawa kembali devisa hasil ekspor ke dalam negeri.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution mengatakan dari 100% hasil ekspor hanya 85% yang membawa pulang devisa, tapi itu juga tidak semuanya di konversi dalam bentuk rupiah.

"Artinya gini dari 100% ekspor, hanya 85% yang masuk kembali tetapi sebetulnya belum semuanya juga mengkonversi menjadi rupiah," kata Darmin di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Jumat (27/7/2018).

Darmin beralasan 15% yang tak membawa kembali devisanya tersebut, lantaran pengusaha tersebut memiliki kewajiban yang harus dilakukan, seperti pinjaman bank yang harus dicicil dalam kepada bank asing.

"Tapi kan sebetulnya hal itu bisa diakali, dengan mencari bank asing yang ada di Indonesia. Kalau begitu kan dua-duanya terpenuhi, syarat dari banknya terpenuhi, devisanya masuk juga terpenuhi, misalnya seperti itu," ujar dia. [hid]

Komentar

x