Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 17 Desember 2018 | 04:14 WIB

Pelabuhan Patimban (Katanya) Tekan Biaya Logistik

Oleh : Indra Hendriana | Sabtu, 28 Juli 2018 | 06:09 WIB

Berita Terkait

Pelabuhan Patimban (Katanya) Tekan Biaya Logistik
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan, pembangunan pelabuhan di Patimban, Subang, Jawa Barat, bisa menekan biaya logistik.

Menurut Budi dengan dibangunnya pelabuhan ini, pengiriman logistik ke Jawa Barat tidak perlu lagi dari Tanjug Priok. Akan tetapi bisa dari pelabuhan Patimban yang jaraknya lebih dekat. Hal ini tentunya bisa memangkas biaya logistik.

"Dengan Pelabuhan Patimban, harapannya biaya logistik bisa ditekan. Ini proyek penting agar kedepan Indonesia lebih baik," kata Budi Karya saat jumpa pers di kantornya, Jakarta Pusat, Jumat (27/7/2018).

Budi mengatakan, pembangunan pelabuhan ini mulai dilakukan awal bulan Agustus 2018 ini dengan dua fase. Di Fase pertama akan ada 10 paket.

Budi menjelaskan, pembangunan fase pertama ini akan melakukan pengembangan kapasitas pelabuhan, dari 1 juta teus menjadi 3,5 juta teus.

"(Fase I) Patimban akan melayani 3,5 juta teus. Dan nantinya akan meningkat 5,5 juta teus dan akan nambah lagi sampai 7,5 juta teus (pada fase II)," kata dia.

Budi mengatakan, pembangunan yang ditargetkan akan beroperasi pada tahun depan ini nantinya akan digunakan untuk keberangkatan kapal Roro.

Adapun biaya untuk pembangunan fase satu ini diperkirakan menelan niaya Rp8,99 trilin. Uang sebesar ini disapat dari JICA atau lembaga bentukan Jepang untuk membantu pembangunan negara-negara berkembang. "Kami sangat terimakasih atas dukungan semua pihak. Juga terimakasih JICA dan kontraktor," kata dia.[ipe]

Komentar

x