Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 21 Oktober 2018 | 01:16 WIB

Pemerintah Ingin TPPI Tuban Produksi Tahun Ini

Selasa, 31 Juli 2018 | 03:09 WIB

Berita Terkait

Pemerintah Ingin TPPI Tuban Produksi Tahun Ini
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Pemerintah berupaya menyelesaikan persoalan yang melilit PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) Tuban Industries, agar dapat kembali berproduksi pada tahun ini.

"Kami rapat untuk membuat TPPI bisa dijalankan, diselesaikan persoalannya yang selama ini menggantung," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution ditemui usai rapat koordinasi lanjutan tentang penyelesaian PT TPPI di Jakarta, Senin malam (30/7/2018).

Kata mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) ini, PT TPPI secara penguasaan, sudah berada di genggaman pemerintah. Kemudian, lanjut Darmin, yang perlu dipikirkan adalah bagaimana cara agar yang menjalankannya adalah Pertamina. "Kebetulan Pertamina itu adalah kreditur, ya karena beberapa kali semua produksi yang dilakukan selama ini ya minyaknya, gasnya Pertamina," ujar Darmin.

Darmin menargetkan, pemerintah dapat segera menyelesaikan persoalan menyangkut PT TPPI sehingga dapat kembali beroperasi tahun ini. Saat ini, lanjut dia, perusahaan tersebut kadang beroperasi dan kadang tidak.

"Harus ada kepastian, hitung-hitungannya. Buat hitam di atas putih, itu yang belum ada, dengan krediturnya juga. Ada banyak pihak," kata Darmin.

Sementara, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan pemerintah ingin membuat PT TPPI menjadi sehat dan dapat bekerja optimal. "Pada dasarnya kami ingin aset ini bisa produktif. Selama ini kan, ada yang disebut warisan masa lalu. Adanya utang dari pihak lain, yang kemudian dikonversi menjadi multi-years bond," kata Sri Mulyani. [tar]

Komentar

x