Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 17 Desember 2018 | 04:23 WIB

Rugi Terus, Garuda Buang 11 Rute Kering Penumpang

Selasa, 31 Juli 2018 | 07:09 WIB

Berita Terkait

Rugi Terus, Garuda Buang 11 Rute Kering Penumpang
(Foto: istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Maskapai penerbangan Garuda Indonesia ancang-ancang merestrukturisasi 11 rute yang dianggap tidak menguntungkan. Keberadaan rute hanya menyedot biaya operasional.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Pahala N Mansury dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (30/7/2018), mengatakan, restrukturisasi 11 rute tersebut merupakan langkah yang pernah diambil maskapai pelat merah tersebut sebelumnya untuk memangkas biaya operasional. "Salah satu restrukturisasi kita, yaitu Jakarta-Sorong, sekarang langsung Jakarta-Sorong tidak ke Ujungpandang," kata Pahala.

Dia belum menyebutkan sejumlah rute yang akan mengalami restrukturisasi, namun akan ada domestik dan internasional. "Ke Kualanamu atau Singapura juga kita perbaiki kondisi rutenya," kata Pahala.

Rute-rute yang dinilai masih menguntungkan, menurut Pahala adalah rute Denpasar untuk domestik dan rute negara-negara ASEAN untuk internasional.
Pemangkasan rute adalah salah satu upaya yang dilakukan untuk kembali menyehatkan kondisi keuangan perusahaan pelat merah tersebut karena bergejolaknya harga avtur yang memakan porsi 35 persen dari biaya operasional.

Menurut Pahala yang mantan bankirr Bank Mandiri ini, dengan adanya kenaikan harga avtur, berpengaruh 3,5% hingga 4% ke biaya operasional. "Pemangkasan dari sisi pendapatan justru positif, penutupan rute-rute itu bisa memungkinkan kondisi membaik 60 persen," katanya. [tar]

Komentar

x