Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 17 Agustus 2018 | 04:54 WIB

Jokowi: Indonesia Masih Kekurangan Waduk Air

Oleh : Wahid Ma'ruf | Selasa, 31 Juli 2018 | 08:03 WIB
Jokowi: Indonesia Masih Kekurangan Waduk Air
Presiden Joko Widodo (Jokowi) - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Dompu - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan Indonesia masih kekurangan infrastruktur bendungan. Bila memiliki banyak maka akan menjamin pasokan air untuk menunjang progam ketahanan pangan.

Jokowi membandingkan dengan Amerika Serikat (AS) memiliki 6.100 bendungan, China yang memiliki 110.000 bendungan, dan Jepang yang memiliki 3.000 bendungan.

"Artinya, kita masih kekurangan banyak sekali waduk maupun bendungan. Dan di NTB saya kira akan diselesaikan lima waduk, lima," ucap Presiden Jokowi saat meresmikan Bendungan Tonju, di Kabupaten Dompu, Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB), Senin (30/7).

Presiden Jokowi menegaskan kunci pembangunan di NTB ini adalah ada air. "Kalau tidak ada air misalnya di Dompu ini, mau ditanam apa?," kata Presiden seraya menambahkan, Indonesia sekarang ini baru ada 231 waduk atau bendungan.

Menurut Presiden, Bendungan Tonju yang baru diresmikannya yang memiliki daya tampung 18 juta meter kubik, akan memberikan irigasi air ke-2.250 hektar lahan. "Gede banget," ujarnya seperti mengutip dari setkab.go.id.

Oleh sebab itu, Presiden Jokowi berharap dengan adanya Bendungan Tonju nanti maka komoditas pertanian di Dompu akan bisa meningkat secara cepat.

Komentar

x