Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 21 Oktober 2018 | 01:15 WIB

Demi Sahamnya, Freeport Masih Dapat Izin Sementara

Oleh : Indra Hendriana | Selasa, 31 Juli 2018 | 12:03 WIB

Berita Terkait

Demi Sahamnya, Freeport Masih Dapat Izin Sementara
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - PT Freeport Indonesia (PTFI) rupanya masih bisa bernafas lega. Sebab, meski izin usaha pertambangan khusus (IPUK) habis hari ini 31 Juli 2018, tapi ada peluang diperpanjang lagi oleh pemerintah.

Direktur Minerba Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Bambang Gatot mengakui jika izin akan diberikan. Ini dilakukan karena negosiasi divestasi belum selesai. "Kalau (divestasi) belum selesai ya diperpanjang," kata Bambang, Jakarta, Senin (30/7/2018).

Namun, dia tidak berani menyebut waktu perpanjangan. Sebab, lanjut dia, hal ini adalah kewenangan dari Menteri ESDM yaitu Ignatius Jonan. Dirinya tidak memiliki kewenangan dalam memberikan perpanjangan tersebut. "(Itu) Pak Menteri," kata dia.

Pemerintah sekarang ini diketahui tengah melakukan divestasi saham Freeport sebesar 51%. Divestasi itu dilakukan oleh PT Inalum

Adapun nilai divestasi itu US$ 3,85 miliar dengan rincian US$3,5 miliar untuk pembayaran hak partisipasi Rio Tinto. Sisanya yang US$350 juta dialokasikan untuk Indocopper.

Inalum dan pengendali saham PT FI, Freeport-Mcmoran Inc (FCX) telah menyepakati Pokok-Pokok Perjanjian (Head of Agreement/HoA) divestasi sebesar 51% saham PT FI pada Jumat, (12/7/2018).

Dengan adanya HoA tersebut maka struktur organisasi dan harga divestasi sudah final sehingga tidak ada lagi perubahan ke depan meskipun transaksi masih dalam proses penyelesaian. Selanjutnya akan finalisasi perjanjian pembentukan perusahaan patungan. [hid]

Komentar

x