Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 14 Desember 2018 | 20:58 WIB

Pusing Cadev, Jokowi Minta Setop Impor Gak Penting

Oleh : Ahmad farhan faris | Selasa, 31 Juli 2018 | 15:38 WIB

Berita Terkait

Pusing Cadev, Jokowi Minta Setop Impor Gak Penting
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Bogor - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membahas strategi kebijakan untuk memperkuat cadangan devisa (cadev) dalam rapat terbatas bersama jajaran menteri di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (31/7/2018).

"Melanjutkan ratas yang lalu hari ini akan dibahas strategi kebijakan untuk memperkuat cadangan devisa kita, agar daya tahan ekonomi kita semakin kuat semakin meningkat terutama dalam hadapi ketidakpastian ekonomi global," kata Jokowi.

Jokowi meminta dua hal penting yang perlu menjadi catatan. Yakni, pengendalian impor dan peningkatan ekspor. Sebab, dalam rapat terbatas sebelumnya Jokowi minta mandatori pemakaian biodiesel untuk segera dijalankan.

"Saya akan minta setiap waktu updatenya karena data yang saya terima berpotensi menghemat devisa dari impor sangat besar sekali, yakni 21 juta dolar setiap harinya," ujar Jokowi.

Di samping itu, Jokowi meminta seluruh importasi produk dievaluasi dengan cermat. Untuk produk impor yang tidak bersifat strategis, sebaiknya dihentikan atau ditunda.

Jokowi mengingatkan poin yang tidak kalah pentingnya yakni peningkatan penggunaan kandungan dalam negeri atau TKDN yang implementasinya sudah 1,5-2 tahun.

"Serta terus mendorong pertumbuhan industri barang substitusi impor yang kemarin saya sampaikan khususnya industri hulu yang menghasilkan bahan baku, chemical yang lain-lainnya yang sangat perlu sekali," jelas dia.

Sedangkan, Jokowi mengatakan terkait peningkatakan ekspor juga harus memiliki strategi detil, produk-produk ekspor apa saja yang perlu diperkuat, perlu ditingkatkan.

"Dan fokus melihat kendala yang dihadapi eksportir di negara yang jadi tujuan utama ekspor kita. Kemarin kita telah bertemu dengan eksportir-eksportir kecil, sedang dan besar," katanya.

Kemudian, Jokowi ingin menekankan beberapa hal dalam rapat ini secara detail yang akan disampaikan. Maka dari itu, diharapkan jajaran menteri tuntaskan masalah yang dihadapinya. "Ada beberapa hal yang secara detil saya sampaikan. Kalau memang ada hambatan perdagangan saya minta segera selesaikan," tandasnya. [ipe]

Komentar

x