Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 18 Agustus 2018 | 17:27 WIB

Arcandra: Selamat, Pertamina Kelola Blok Rokan

Oleh : Indra Hendriana | Rabu, 1 Agustus 2018 | 00:29 WIB
Arcandra: Selamat, Pertamina Kelola Blok Rokan
Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar - (Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akhirnya memutuskan PT Pertamina (Persero) sebagai pengelola Blok Rokan yang habis masa kontraknya pada 2021.

Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar mengatakan, keputusan diambil setelah Kementerian ESDM melakukan evaluasi pada proposal yang diajukanPT Pertamina dan Chevron.

"Setelah melihat proposal yang dimasukan Pertamina dan Chevron, pada pukul 17.00 WIB sore maka pemerintah lewat Menteri ESDM (Ignatius Jona) pengelelolaan Blok Rokan mulai 2021 selama 20 tahun kedepan diberikan ke Pertamina," kata Arcandra saat jumpa pers di kantornya, Jakarta Pusat, Selasa (31/7/2018).

Arcandra mengatakan, Pertamina memang layak menjadi pemenang Blok Rokan. Sebab, Pertamina lebih besar memberikan signatur bonus sebesar US$784 juta, atau setara Rp11,3 triliun dan komitmen kerja pasti sebesar US$500 juta, atau sekitar Rp7,2 triliun. "Penawaran Chevron jauh dibawah penawaran Pertamina," ujar dia.

Arcandra merincikan, Blok Rokan setiap harinya bisa menghasilkan 207 ribu berel per hari, berdasarkan data lifting pada semester I-2018. Berdasarkan data itu, maka Blok Rokan adalah yang punya produksi terbesar. "Insyaallah potensi pendapatan ini bisa menjadi (besar) dan kebaikan bagi kita bangsa Indonesia," ujar Arcandra.

Tak lupa, Arcandra mengucapkan selamat kepada Pertamina. "Selamat kepada Pertamina yang sudah diberi amanah untuk mengelola Blok Rokan dari 2021 sampai 2041," kata dia. [ipe]

Komentar

x