Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 18 Agustus 2018 | 17:30 WIB

Sirkulasi Daur Ulang Plastik Belum Maksimal

Oleh : Indra Hendriana | Kamis, 2 Agustus 2018 | 17:03 WIB
Sirkulasi Daur Ulang Plastik Belum Maksimal
Direktorat Jenderal Pengelolaan Limbah, Sampah, dan Bahan Beracun Berbahaya Kementerian LHK, Novrizal - (Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) akan meningkatkan sirkulasi penyerapan daur ulang sampah plastik, karena masih sangat minim. Bahkan tingkat sirkulasinya belum mencapai 50%.

"Plastik kan daur ulang nya baru 11 persen, kalau teori serkular ekonomi kan yang dihasilkan 100 yang dicircular 100 jadi mutat terus," kata Direktur Pengelolaan Sampah, Direktorat Jenderal Pengelolaan Limbah, Sampah, dan Bahan Beracun Berbahaya Kementerian LHK, Novrizal di kantornya, Kamis (2/8/2018).

Dengan kondisi itu, kedepan KLHK akan melakukan pengecekan apa yang menjadi penyebab utamanya. Agar plairkulasi daur ulang plastik menjadi lebih baik dari sekarang. "Semua mata rantai kita cek satu-satu, rumah tangga, bank sampah sektor informal, industri apa yang menimbulkan semakin baik," ujar dia.

Kedepan KLHK akan mendorong pelaku industri meningkatkan lagi daur ulang plastik yang memakai teknologi sampah plastik mudah terurai.

Pemerintah pun menetapkan target terbaru terkait pengelolaan sampah, yakni pengurangan sampah hingga 30 persen dan pengelolaan sampah hingga 70 persen pada 2025.

Dikeluarkan lah Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2017 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Rumah Tangga (Jakstranas).

Angka 30 persen pengurangan sampah menurutnya harus dicapai masuk ke sisi produsen maupun partisipasi publik. "Perilaku masyarakat. kuncinga disitu. Kami dorong masyarakat memilah dan masuk ke sistem ini," ujar dia. [hid]

Tags

Komentar

x