Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 14 Desember 2018 | 20:56 WIB

Pertamina Kelola Rokan, Luhut: Murni Bisnis!

Oleh : Indra Hendriana | Jumat, 3 Agustus 2018 | 00:17 WIB

Berita Terkait

Pertamina Kelola Rokan, Luhut: Murni Bisnis!
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut B. Panjaitan - (Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut B. Panjaitan mengatakan bisnis menjadi alasan pemerintah memilih Pertamina mengelola Blok Rokan, Riau.

Sebab, kata Luhut, bila blok Migas ini dikelola dengan baik dan didukung tekonogi yang tepat akan memberikan pasokan energi melimpah.

"Kata Pak Ignatius Jonan (Menteri ESDM, Chevron) lebih kecil tawarannya, jauh dari pertamjna. Ya kalau bisnis kan bisnis to bisnis jadi ya biarkan aja mereka nego," kata Luhut di kantornya, Kamis (2/8/2018).

Luhut mngatakan, pemerintah mendasarkan pemilihan pengelolaan blok minyak dan gas pada kontribusi keuntungan negara. Dia menepis terpaku ke perusahaan plat merah.

Dengan demikian, lanjut Luhut, Pertamina terpilih karena bisa memberikan keuntungan lebih besar dibandingkan Chevron. "Kalau tawaran Pertamina lebih bagus, ya mau bagaimana," ujarnya.

Luhut menambahkan blok yang telah lama dikelola Chevron ini memiliki cadangan minyak dan gas yang melimpah. Oleh sebab itu Pertamina memiliki tantangan besar untuk memproduksi minyak dan gas dengan jumlah lebih banyak dari sebelumnya.

"Karena cadangan Rokan itu masih punya 1,2 miliar barel, bisa diambil lebih banyak lagi kalau dikelola dengan teknologi yang tepat untuk 25 taun ke depan. Jadi satu aset yang sangat besar sekali," kata dia. [hid]

Komentar

x