Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 17 Agustus 2018 | 04:55 WIB

Jokowi Minta Bangun Pasar Induk, Enggar Manut

Oleh : - | Sabtu, 4 Agustus 2018 | 05:09 WIB
Jokowi Minta Bangun Pasar Induk, Enggar Manut
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Kementerian Perdagangan menjelaskan bahwa rencana pembangunan lima pasar induk regional pada 2019, diharapkan bisa memangkas mata rantai distribusi dari berbagai komoditas.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita di Jakarta, Jumat (3/8/2018), mengatakan, kemendag sudah berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), yang mana pekerjaan fisik pasar dilakukan kementerian yang dipimpin Basuki Hadimuljono. "Pasar induk itu diharapkan bisa mengurangi rantai distribusi dan meningkatkan perputaran roda perekonomian di masing-masing daerah," kata Enggartiasto.

Enggartiasto menambahkan, kelima pasar yang bakal dibangun itu, berada di Sulawesi Selatan, Jawa Timur, Jawa Barat, dan Jawa Tengah. Kelimanya harus dibangun akibat kebakaran atau masalah lainnya.

Kata dia, pembangunan pasar induk merupakan arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dianggarkan Rp200 miliar per pasar, sehingga total dana yang dibutuhkan mencapai Rp1 triliun.

Sebelumnya, Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi), menilai, keinginan Jokowi untuk menambah pasar induk di berbagai wilayah Indonesia, berpotensi memperkuat perputaran ekonomi tiap-tiap daerah.

Ketua Umum Ikappi, Abdullah Mansuri mengatakan, salah satu keuntungan dari adanya pasar induk tersebut adalah bisa memutar roda perekonomian masing-masing daerah, namun dengan catatan tidak menambah panjangnya rantai pasok suatu komoditas tertentu.

"Saya setuju dengan keinginan Presiden Joko Widodo, pasar induk menjadi pusat transit berbagai komoditas dari luar daerah. Keuntungan lainnya adalah, memperkuat perputaran ekonomi daerah, itu bagian yang penting," kata Abdullah.

Di era Jokowi, kata dia, pasar rakyat menjadi perhatian tersendiri. Salah satu program yang mengutamakan keberadaan pasar rakyat tersebut adalah program revitalisasi 5.000 pasar rakyat hingga 2019.

Tahun ini, diperkirakan lebih dari 4.000 pasar tradisional bakal direvitalisasi. Target yang ditetapkan Jokowi, sebanyak 5.000 pasar terevitalisasi pada 2019. Semuanya dilakukan ya karena itu tadi, mendorong perputaran roda perekonomian semakin gesit. [tar]

Komentar

x