Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 23 Oktober 2018 | 13:35 WIB

Ini Langkah Kemenhub Perlancar Ekspor di Bengkulu

Oleh : Wahid Ma'ruf | Minggu, 5 Agustus 2018 | 00:17 WIB

Berita Terkait

Ini Langkah Kemenhub Perlancar Ekspor di Bengkulu
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi - (Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Bengkulu - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meinjau pelaksanaan pengerukan alur pelayaran di Pelabuhan Pulau Baai, Bengkulu untuk mempermudah kapal berukuran 50 ribu metrik ton bersandar.

"Bengkulu memiliki beberapa komoditas yang dapat dikirim namun saya melihat ada kekurangan di Pelabuhan Pulau Baai yaitu alur yang tidak sempurna, padahal kolam bagus sekali. Oleh karenanya saya menegaskan PT Pelindo II untuk memperbaiki alur tersebut," jelas Menhub Budi di Pelabuhan Pulau Baai Bengkulu, Sabtu (4/8/2018).

"Saat ini drafnya hanya 5 meter dan dilakukan pengerukan minimal kedalaman menjadi 10 meter. Jika sudah selesai kapal-kapal besar bisa masuk, tidak ada halangan lagi," tambah Menhub.

Hal lain yang diupayakan adalah kesempatan menggunakan tol laut untuk mengekspor komoditas dari Bengkulu. "Saya akan upayakan kesempatan untuk menggunakan tol laut. Saya memberikan ruang kepada masyarakat Bengkulu untuk mengirimkan barang barang unggulan seperti kopi dan lain-lain. Kita juga bisa memberi subsidi kepada masyarakat Enggano untuk kembali ke Bengkulu dan memberikan tarif subsidi dan bisa bekerja sama sehingga tidak perlu menunggu lagi untuk mengirim barang," terang Menhub.

Menhub Budi berharap revitalisasi pada pelabuhan ini nantinya akan meningkatkan jumlah ekspor di Bengkulu.

Komentar

x