Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 18 Agustus 2018 | 17:33 WIB

Gelar Rakornas, KLHK Kumpulkan Seluruh KPH

Oleh : Indra Hendriana | Senin, 6 Agustus 2018 | 16:40 WIB
Gelar Rakornas, KLHK Kumpulkan Seluruh KPH
Dirjen Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan Sigit Hardwinarto - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) akan menggelar Rakornas Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) 2018 di Jakarta, 7-9 Agustus 2018.

Dirjen Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan Sigit Hardwinarto mengatakan, Rakornas ini adalah acara tahunan KPH. Adapun acara digelar untuk mengkoordinasikan KPH dan para pihak dalam memperkuat kelembagaan dan keberlanjutan operasionalisasi KPH.

Kemudian, mengimplementasikan program prioritas nasional Kehutanan antara lain di bidang pemanfaatan hutan, perlindungan hutan, rehabilitasi hutan, perhutanan sosial, kemitraan lingkungan, penanggulangan kebakaran lahan dan hutan, pelaksanaan TORA, kemitraan pengelolaan hutan dan dukungan IPTEK Kehutanan serta kompetensi Sumberdaya Manusia di KPH.

"Adapun tujuan dan hasil yag diharapkan dari Rakornas KPH 2018 adalah untuk meningkatkan pemahaman para pihak tentang penguatan kelembagaan dan keberlanjutan operasionalisasi KPH," kata Sigit di Kementerian LHK, Jakarta, Senin (6/8/2018).

Selanjutnya mengidentifikasi dan me-review permasalahan, hambatan dan tantangan penguatan kelembagaan dan keberlanjutan operasionalisasi. Dan ewujudkan komitmen dalam penguatan kelembagaan dan keberlanjutan operasionalisasi KPH.

Dia menambahkan, rencananya Rakornas KPH 2018 bakal dihadiri 600 peserta, terdiri dari 321 KPH, kepala dinas seluruh Indonesia, akademisi, pemerhati lingkungan, lembaga donor, mitra usaha kehutanan, KLHK Pusat dan Unit Pelaksana Tugas KLHK.

"Akan dibuka secara resmi oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya, Selasa tanggal 7 Agustsus 2018," ujar dia.

Dia berharap semua pihak yang hadir dan terlibat dalam rakornas ini bisa merumuskan langkah-langkah penting untuk memperkuat kelembagaan dan keberlanjutan operasionalisasi KPH.

Tentunya, kata dia, secara lebih nyata dan terukur sehingga mampu diimplementasikan yang pada akhirnya akan mendorong percepatan perwujudan kemandirian KPH, keberlanjutan operasionalisasi KPH dan peningkatan keberdayaan masyarakat dalam pengelolaan hutan.

Dalam rangkaian Rakornas KPH 2018, pada Tanggal 9 Agustus 2018 akan dialksanakan Acara "Outlook dan Capacity Building KPH", yang diinisiasi beberapa lembaga donor antara lain FIP 2 World Bank, GIZ dan juga mitra kehutanan, dengan maksud untuk meningkatkan Jiwa Kepemimpinan dan Kewirausahaan KPH, serta peluang usaha KPH dengan mitra kehutanan termasuk Donor.

Acara ini akan didisi dengan Talkshow Kepemimpinan dan Kewirausahaan KPH dan Peluang Usaha bagi KPH atas pengelolaan Hutan, yang melibatkan pihak donor dan mitra kehutanan.

Untuk mengenal KPH lebih jauh selama ini, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan akan membuka Pameran Produk KPH, yang akan diselenggarakan dari tanggal 7 sanpai dengan 9 Agustus 2018.

Pameran ini akan menampilkan produk yang telah dihasilkan KPH serta foto/video kegiatan operasionalisasi KPH yang menyangkut dengan pemanfaatan hutan, perlindungan hutan, rehabilitasi hutan, perhutanan sosial, kemitraan lingkungan, penanggulangan kebakaran lahan dan hutan pelaksanaan TORA, kemitraan pengelolaan hutan, termasuk pula "coaching clinic" bagi Kepala KPH dengan Kementerian LHK, lembaga Donor dan Mitra Kehutanan.

Produk KPH yang dipamerkan selanjutnya akan dilakukan Acara Lelang Produk dan Peduli KPH, yang dimaksudkan untuk menggalang dana bantuan kemanusiaan dari seluruh peserta acara ini, untuk membantu korban Bencana Alam Lombok tahun 2018.

Selama acara Rakornas KPH 2018, sejalan dengan Kampanye Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk "Mengendalikan Sampah Plastik", seluruh peserta hanya disediakan botol isi ulang yang dapat dipakai selama Rakornas. [jin]

Komentar

x