Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 17 Desember 2018 | 04:19 WIB
Hightlight News

Ini Cerita Pengguna Tunggu Siklon, Hemat Energi

Oleh : Wahid Ma'ruf | Selasa, 7 Agustus 2018 | 15:40 WIB

Teknologi Bersih dan Murah

Teknologi Bersih dan Murah

Pada kesempatan yang sama, Tenaga Ahli Menteri ESDM untuk Dewan Energi Nasional, Sugita menyatakan komersialisasi tungku pembakar siklon mungkin tidak memberikan keuntungan besar bagi BLU tekMIRA. Namun, kata dia, yang terpenting teknologi ini sangat membantu IKM dalam penyediaan energi baru secara murah. Hal tersebut turut diamini Kepala Puslitbang tekMIRA, Hermansyah.

"Tungku pembakar siklon merupakan teknologi yang tepat untuk IKM, karena user friendly, murah, mudah dengan efisiensi tinggi", ujar Hermansyah. Hermansyah menjelaskan saat ini BLU Tekmira sedang mengembangkan kerja sama komersialisasi tungku pembakar siklon yang mencakup kerja sama dengan beberapa workshop untuk mempermudah pabrikasi peralatan tungku siklon dan jaminan pasokan batubara untuk suplai bahan bakar ke pengguna.

Di Subang sendiri, terdapat setidaknya 200 IKM budidaya jamur yang potensial untuk diproyeksikan sebagai pengguna tungku pembakar siklon. Presiden Direktur PT Almira Energi Subang Teddy Soejarwanto berpendapat pasar jamur tiram luar biasa.

Ada lebih dari IKM budidaya jamur membutuhkan pendampingan untuk meningkatkan kapasitas produksi dan mengoptimalkan pengelolaan proses produksi agar dapat lebih efisien.

1

Komentar

x