Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 17 Desember 2018 | 04:18 WIB

KLHK Terima Usulan dari Bappenas Terkait KPH

Oleh : Indra Hendriana | Selasa, 7 Agustus 2018 | 16:54 WIB

Berita Terkait

KLHK Terima Usulan dari Bappenas Terkait KPH
Sekjen Kementerian LHK Bambang Hendroyono - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menerima usulan Bappenas berkaitan dengan kelembagaan Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) menjadi satu nama.

Bappenas menyarankan ke KLHK mengubah kelembagaan Kesatuan Pengelolaan Hutan Lindung (KPHL) dan Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) menjadi KPH saja. Dengan satu nama diyakini akan menjadi efektif dan efisien.

Sekjen Kementerian LHK Bambang Hendroyono mengatakan, pihaknya baru sebatas menerima usulan itu. Pasalnya, pembentukan KPHL dan KPHP berdasarkan pada Undang-undang. Untuk itu tidak bisa asal merubah melainkan musti merevisi aturan soal KPH lebih dulu.

Namun, kata dia, pihaknya saat ini tengah mencari formula yang pas untuk kelembagaan PKH. Dengan begitu, tak menutup kemungkinan saran dari Bappenas kedepan bisa diimplementasikan lewan Rencana Pembangunan Jangka Menengan Nasional (RPJMN) selanjutnya.

"Yang pasti kelembagaan KPH itu, kami kan sekarang di RPJMN kan sedang mencari pola yang pas. Tapi yang pasti semangatnya harus sesuai UU, regulasi yang ada UU 41 kan penjelasannya masih KPHP dan KPHL," kata Bambang pada awak media, Selasa (7/8/2018).

Terlebih, kata dia, usulan Bappenas itu tak ngasal, melainkan hasil dari kajian yang dilakukan Bappenas ke KPH. Menurut Bambang, usulan itu akan membuat kinerja KPH lebih efisien, dan efektif. Sedangkan saat ini ada dua lembaga.

"Karena di KPHP didalamnya ada hutan lindung, di KPHL ada hutan produksi itu kan membagi fungsi," ujar dia.

"Untuk itu kedepannya kami ingin ada perubahan kerangka regulasinya mungkin didalam usulannya nanti efisien dan efektif, akuntabilitas itu memang benar-benar bisa jadi ada satu nama saja KPH," kata dia. [jin]

Komentar

x