Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 21 Oktober 2018 | 01:24 WIB

Usai Gempa Lombok Pasokan Listrik Pulih 60%

Oleh : Indra Hendriana | Selasa, 7 Agustus 2018 | 18:34 WIB

Berita Terkait

Usai Gempa Lombok Pasokan Listrik Pulih 60%
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Timur PT PLN (Persero,) Amir Rasyidin mengatakan, akibat gempa bumi di Lombok, NTB menyebakan 75% distribusi listrik mati daerah tersebut.

Sebab, guncangan besar sampai 7 SR meruntuhkan sejumlah trafo dan infrastruktur pendukung jaringan listrik. "Untuk Lombok pada saat terjadi gempa tadi bebannya tinggal 25%. karena 75% bebannya hilang Karena memang jaringan distribusi banyak terganggu akibat guncangan besar trafo bisa jatuh ke tanah," kata Amir di Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa (8/7/2018).

Mengetahui kondisi ini, pihaknya kata dia, langsung begerak cepat untuk melakukan perbaikan trafo. Bahkan, tim PLN dari Bali dan Jawa membantu perbaikan jaringan listrik di Lombok. "Tim yang bergerak dari Bali dan Jawa bagian timur Banyuwangi ramai ramai ke sana untuk membantu memulihkannya," ujar dia.

Dengan perbaikan itu, pemuliham listrik berangaur-angsur membaik. Kata dia, hanya tinggal 40% yang belum normal karena memerlukan perbaikan yang membutuhkan waktu cukup lama. "Sekarang jaringan listrik sudah normal 60%, tinggal 40%," ujar dia.

Dia menambahman, perbaikan juga sedang berlangsung pada 2 pembangkit listrik milik PLN yang berada di NTB. "Kedua pembangkit itu kemarin sudah dites. Kemarin pada saat terganggu trip pembangkit nya circuit breakernya atau pengamannya bekerja, nah sekarang kita lakukan pengujian di lapangan," paparnya. [hid]

Komentar

x