Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 17 Agustus 2018 | 04:51 WIB

Tim Ekspedisi Papua Terang Sudah Survei 292 Desa

Oleh : Indra Hendriana | Rabu, 8 Agustus 2018 | 13:00 WIB
Tim Ekspedisi Papua Terang Sudah Survei 292 Desa
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jayapura - Sekitar 292 desa di Papua dan Papua Barat sudah disurvei tim Ekspedisi Papua Terang PLN. Targetnya 415 desa di lima posko, yakni Jayapura, Timika, Merauke, Wamena dan Nabire bakal disurvei.

Direktur Bisnis Regional Maluku dan Papua PLN Ahmad Rofik mengapresiasi upaya tim Ekspedisi Papua Terang PLN yang semangat melaksanakan tugas. Sebab, hal itu mempercepat kelistrikan di Papua. "Baru sepekan sejak tiba di Papua, tim sudah mensurvei lebih dari 50% desa-desa yang ditargetkan," kata Rofik dalam keterangan resmi, Rabu (8/8/2018).

Rofik mengamini capaian ini berkat bantuan digital map dari LAPAN. Bantuan itu mempermudahkan tim dalam melakukan survei tersebut. "Jumlah desa ini terus berkembang sesuai dengan kondisi di lapangan. Mengingat ada pula desa yang mengalami pemekaran," ujar dia.

Dia menyebut, kondisi geografis dan sosial di Papua jadi tantangan bagi tim selama melaksanakan survei. Misalnya untuk mencapai salah satu desa di Kabupaten Lanny Jaya, Tim Ekspedisi yang terdiri dari mahasiswa, pegawai PLN pendamping, anggota TNI AD, maupun perwakilan pemerintah lokal, harus melalui jalanan darat sekitar 4 jam dari Posko Wamena menuju ibu kota Tiom. "Jalan pun sebagian merupakan tanah basah yang sulit dilalui oleh kendaraan bermotor," kata dia.

Selanjutnya perjalanan dari Tiom ke desa-desa hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki karena harus melalui jalan setapak, jalur gunung maupun sungai. Setelah 3 jam tim pun tiba di salah satu desa di Kecamatan Wiringgambut yang memiliki jumlah penduduk sekitar 350 orang.

"Kami mengupayakan agar survei ini dapat memperoleh data akurat sehingga dapat mempercepat pembangunan infrastuktur kelistrikan masyarakat disana. Kami juga mengutamakan kesehatan dan keselamatan seluruh tim, semua kegiatan terus kami pantau," kata Rofik.

Rasio desa berlistrik di Papua dan Papua Barat saat ini baru mencapai 30,39%. Pada 2018, PLN telah berhasil melistriki sekitar 51 desa di Papua. Untuk itu PLN akan terus berupaya mempercepat pembangunan listrik desa di wilayah Indonesia timur tersebut untuk mencapai target 1.216 desa. [ipe]


Komentar

x