Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 18 Oktober 2018 | 08:52 WIB

Usul Bentuk BDPB, Darmin Ingin Kopi Setara Sawit

Rabu, 8 Agustus 2018 | 14:18 WIB

Berita Terkait

Usul Bentuk BDPB, Darmin Ingin Kopi Setara Sawit
Menko Perekonomian Darmin Nasution - (Foto: Fadil Dj)

INILAHCOM, Jakarta - Tak sedang bercanda, Menko Perekonomian Darmin Nasution mengusulkan Badan Pengelola Dana Perkebunan (BPDP) khusus kopi. Untuk promosi sekaligus mendorong produksi.

Saat ini, menurut Opung Darmin, sapaan akrabnya, masyarakat Indonesia belum banyak tahu informasi soal kopi. Mulai soal pembibitan, cara tanam, lahan, pengolahan, manfaat serta kegunaan kopi.

Padahal, letak geografis Indonesia melahirkan banyak jenis kopi. Saat ini, Indonesia adalah negara yang jumlah keragaman specialty coffee terbanyak di dunia. "Indonesia punya kopi arabika terbaik di dunia. Sudah dikenal di mancanegara. Ada kopi Gayo, Mandailing, Kerinci ada Kintamani, Flores, Toraja, Kalosi. masing-masing punya cita rasa tersendiri," ujar Darmin di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (8/8/2018).

Selain itu, lanjut Darmin, pangsa pasar di dalam negeri cukup menggiurkan. Tercatat adanya peningkatan konsumsi rata-rata 8,8% per tahun. Sementara produksi kopi nasional cenderung mandeg karena pertumbuhannya hanya 0,3% per tahun. "Untuk itu, pemerintah berencana membentuk Badan Pengelola Dana Perkebunan (BPDP) khusus kopi. Agar produksi kopi kita bisa meningkat," paparnya.

"Kami memang berusaha untuk ada semacam BPDP di kelapa sawit, karena kopi itu harganya cukup baik. Kalau untuk karet itu susah di buat lembaga seperti itu, karena harganya rendah," tambah Darmin.

Selain membentuk BPDP Kopi, Darmin menekankan pentingnya strategi lain yakni mendorong Riset Perkebunan Negara (RPN) untuk melakukan pemurnian bibit kopi. "Bibit itu bukan sekedar produktivitasnya tinggi. Dia harus murni, Arabikanya harus Arabika yang benar. Robustanya harus Robusta yang benar. Nah itu memerlukan riset. Petani enggak bisa itu," terang Darmin. [tar]

Komentar

x