Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 14 Desember 2018 | 20:59 WIB

Penerapan B20 akan Berlaku Bulan Depan

Oleh : Indra Hendriana | Rabu, 8 Agustus 2018 | 20:05 WIB

Berita Terkait

Penerapan B20 akan Berlaku Bulan Depan
Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM, Rida Mulayana - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan menerapkan aturan pencampuran 20 persen minyak sawit (biodiesel) ke semua jenis solar pada 1 September 2018.

Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM, Rida Mulayana mengatakan berlaku untuk solar subsidi dan non subsidi yang dijual di Indonesia. "B20, ini nanti semuanya, PSO (Pubcli Service Obligation) serta Non PSO, hanya single product," kata Rida di Jakarta, Rabu (8/8/2018).

Rida menyebut, Peraturan Presiden yang menetapkan penerapan B20 sedan dalam tahap finalisasi. Setelah itu disusul dengan Peraturan Menteri ESDM sebagai turunannya.

Dia melanjutkan, setelah aturan itu terbit, maka semua jenis solar akan dicampur dengan B20. Penerapan B20 pemerintah akan menunjuk badan usaha yang melakukan penyaluran solar untuk melakukan pencampuran. "Perpresnya di Setneg, Permen lagi jalan, ada perubahan kecil-kecil lah, 1 September besok, itu harus jalan semua," ujar dia.

Dia menegaskan, jika hal itu tidak dilaksanakan, maka akan ada sanksi berupa pengenan denda sebesar Rp 6 ribu per liter atas solar yang dijual tanpa campuran 20 persen minyak sawit.

"Yang pasti dia Rp6.000 per liter (denda). Nanti bahwa dia dikasih lagi atau nggak (izin) itu di Dirjen Migas, pasti kan ada evaluasi kinerjanya," ujar dia. [hid]

Komentar

x