Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 17 Agustus 2018 | 04:53 WIB

Ini Sasaran Otomatisasi di Era Ekonomi Digital

Oleh : Wahid Ma'ruf | Kamis, 9 Agustus 2018 | 07:07 WIB
Ini Sasaran Otomatisasi di Era Ekonomi Digital
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara - (Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Proses yang berulang dan tidak memberikan nilai tambah dalam waktu dekat akan tergantikan era otomatisasi akibat perkembangan teknologi digital.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara memaparkan hal itu sebagai trend perubahan dalam sektor hukum sebagai sebuah keniscayaan kehadiran teknologi digital.

"Orang akan berpikir apa yang lebih efisien. Kalau berulang dan tdiak memberikan nilai tambah dari proses kini akan diotomatisasikan. Semua proses yang berulang hanya masalah waktu akan didigitalkan," kata Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara saat memberikan keynote speech dalam Forum Hukum Bisnis dan Ekonomi di Jakarta seperti mengutip dari laman resmi Kominfo.

Menkominfo menceritakan tentang diskusi bersama koleganya seorang notaris. Ia menyatakan selama ini aktivitas di bidang hukum dominan akan mengacu pada hukum acara KUHP dan kemudian yurispudensi.

"Suatu saat jika ada yang menawarkan ke MA, ia membantu dokumentasi seluruh proses pengadilan dari negeri sampai tinggi dan MA tanpa dibayar. Tapi semua didokumentasikan, maka 10 tahun kemudian data itu bisa keluarkan yurispudensi dengan memanfaatkan big data dan machine learning," kisahnya.

Dalam Forum bertema Peluang Investasi dan Arah Kebijakan Hukum dalam Menghadapi Diskripsi Teknologi Informasi itu, Menkominfo memberikan apresiasi kepada hukumonline.com karena menjadi inisiator digitalisasi informasi yang berkaitan dengan hukum. "Hukumonline, jadi inisiator bagaimana mendigitalkan dan menyediakan informasi yang berkaitan dengan hukum," katanya.

Selama ini semua regulasi yang ada di Indonesia dibuat dalam bentuk perpustakaan dan layanan kepada member. "Itu suatu langkah sangat baik, sudah ada beberapa tahun sebelumnya. Tapi sekarang sudah mulai bergerak, perubahan digital sangat cepat. Perubahan teknologi mengakibatkan perubahan tata cara dan orang mulai berpikir untuk mengubah proses," paparnya sambil menjelaskan adanya transformasi yang perlu diantisipasi.

Komentar

x