Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 17 Agustus 2018 | 04:50 WIB

Candra Tantang Ekplorasi Migas di Cekungan Baru

Oleh : Indra Hendriana | Kamis, 9 Agustus 2018 | 17:09 WIB
Candra Tantang Ekplorasi Migas di Cekungan Baru
Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Energi, dan Sumber Daya Mineral (ESSM) akan berupaya meningkatkan cadangan minyak dan gas bumi. Mengingat cadangan migas saat ini masih sangat kecil.

Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar mengatakan, cadangan minyak terbukti saat ini mencapai 3,2-3,3 miliar barel atau hanya 0,2 persen dari total cadangan minyak dunia. Dengan data tersebut, maka jumlah cadangan dalam negeri itu masih kecil.

"Jumlah itu hanya 0,2 persen dari total proven resev dunia cuma 0,2 persen. Nah kalau kita katakan 0,2 persen itu kita adalah negara kaya minyak silahkan kita mengartikan sendiri," kata Arcandra, di Jakarta, Kamis (9/8/2018).

Arcandra mengatakan, salah satu upaya untuk mempertahankan cadangan minyak tersebut adalah melakukan eksplorasi. Kedepan pihaknya akan mendorong para kontraktor untuk melakukan eksplorasi sumur baru.

"Nah untuk itu, apakah kita berdiam diri untuk 0,2 persen, tentu tidak. harus ada usaha-usaha kita agar cekungan-cekungan yang belum dieksplorasi secepatnya dilakukan dieksplorasi," tuturnya.

Arcandra mengatakan, cara agar kontraktor melakukan eksplorasi adalah dengan mempercepat penunjukan pengelola Blok Migas yang habis masa kontraknya pada periode 2018 sampai 2021.

"Apa usaha kita? Nah kontrak-kontrak yang berakhir dari 2018-2021 ini, itu ada program baru yang kami tawarkan yang dinamakan form working komitmen kerja pasti yang sebelumnya belum ada. Jadi kalau ada perusahaan yang melanjutkan atau mendapatkan kontrak baru pengelolaan dari blok terminasi, nah kita mewajibkan untuk mengajukan berapa komitmen kerja pasti yang bisa digunakan untuk menekan produksi dan juga melakukan eksplorasi di luar blok yang mereka kehendaki," kata dia. [ipe]

Komentar

x