Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 14 Desember 2018 | 16:14 WIB

Wamen ESDM: InsaAlloh Hasil Rokan Bagus?

Oleh : Indra Hendriana | Kamis, 9 Agustus 2018 | 16:44 WIB

Berita Terkait

Wamen ESDM: InsaAlloh Hasil Rokan Bagus?
Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Pengoperasian Blok Rokan, Riau akan menjadi tugas Pertamina. Lalu, apakah cadangan dan Migas yang dihasilkan dari Rokan masih bagus?

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), menetapkan PT Pertamina (Persero) menjadi operator setelah masa kontrak Chevron habis pada tahun 2021, setalah perusahaan asal Amerika Serikat itu menggarap Blok Rokan selama 50 tahun

Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar menyebut, berdasar data yang dimilikinya, hasil dari Rokan nantinya akan menggembirakan, meski sudah puluhan tahun blok itu digarap Chevron.

"Dari data yang kami punya, apa hasilnya masih bagus atau tidak? Insya allah hasilnya (dari Rokan) menggembirakan," kata Arcandra dalam diskusi Radio, Jakarta, Kamis (9/8/2018).

Namun, dia tak menjelaskan data yang dimaksud. Hanya saja, lanjut dia, selain memberikan keuntungan ke negara, diberikannya Rokan pada Pertamina supaya perusahaan plat merah itu jadi tuan rumah di negeri sendiri.

"Pemerintah Insya Allah nanti akan mendapat hasilnya Rp800 triliun selama 20 tahun. Tentu itu sangat membantu Indonesia," kata dia.

Arcandra sebelumnya mengatakan, Blok Rokan setiap harinya bisa menghasilkan 207 ribu berel per hari. Ini berdasarkan data lifting pada semester I 2018. Berdasarkan data itu, maka Blok Rokan adalah yang punya produksi terbesar.

Menurut Arcandra, PT Pertamina memang layak menjadi pemenang Blok Rokan. Sebab, Pertamina lebih besar memberikan signatur bonus pada pemerintah. Yakni senilai US$784 juta atau setara Rp11,3 triliun dan komitmen kerja pasti sebesar US$500 juta dolar, atau sekitar Rp7,2 triliun. [hid]

Komentar

x