Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 17 Desember 2018 | 04:22 WIB

Ketika Pejuang Ekonomi Ummat Digiring ke Istana

Senin, 13 Agustus 2018 | 04:09 WIB

Berita Terkait

Ketika Pejuang Ekonomi Ummat Digiring ke Istana
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Lebak - Keputusan capres pejawat (inkumben), Joko Widodo menggandeng KH Ma'ruf Amin, dinilai tepat. Ekonomi keumatan berbasiskan syariah bakal maju pesat di tanah air.

Dosen Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI), Latansa Mashiro Rangkasbitung, Muhammad Husen mengatakan, sosok KH Ma`ruf Amin yang dikenal sebagai tokoh ekonomi syariah diyakini mampu membangkitkan ekonomi keumatan. Harapannya bisa merealisasikan pemerataan kesejahteraan bagi ummat.

"Kami yakin Ma`ruf Amin sebagai pendamping Presiden Joko Widodo atau Jokowi mampu membangkitkan ekonomi keumatan," kata Husen di Lebak, Banten, Sabtu (11/8/2018).

Menurut Husen, kemampuan serta komitmen Ma'ruf Amin dalam membangun ekonomi keumatan, tidak perlu diragukan. Pilihan Jokowi terhadap Ma'ruf yang juga pengasuh Ponpes An Nawawi Tanara itu, bisa mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat arus bawah.

Ia yakin, konsep pemberdayaan ekonomi keumatan akan menjadi fokus pemerintahan Jokowi-Ma`ruf Amin jika menang dalam Pilpres 2019. Selama ini, sistem perekonomian di Indonesia belum adil karena lebih berpihak kepada pengusaha besar, atau konglomerat.

Karena itu, menurut dia, Ma'ruf Amin yang memiliki darah dari Syech Nawawi Tanara Al Bantany itu, memiliki kemampuan dalam membangun ekonomi keumatan, melalui kebijakan yang berpihak kepada masyarakat.

Ia mengatakan, pengusaha besar dipastikan dilarang untuk menguasai rantai ekonomi mulai hulu sampai ke hilir. Nantinya, para pengusaha besar wajib bermitra dengan pelaku usaha kecil.

Pelaku usaha masyarakat di antaranya usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), industri kecil menengah (IKM) dan koperasi dapat ditampung oleh pengusaha besar. "Kami optimistis melalui kemitraan dipastikan pelaku usaha kecil menjadi kuat sehingga menggulirkan perekonomian masyarakat arus bawah," kata Husen.

Untuk membangkitkan ekonomi keumatan, lanjut dia, pelaku usaha kecil harus diberikan kemudahan untuk menerima penguatan modal dari lembaga keuangan maupun bank milik pemerintah. Mereka pelaku usaha kecil tersebut juga mengembalikan bunga angsuran relatif kecil.
"Kami yakin Ma' ruf Amin mampu membangun ekonomi keumatan," kata Husen.

Komentar

x