Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 21 September 2018 | 15:54 WIB

Pertamina harus Beli Semua Minyak dari KKKS

Oleh : Indra Hendriana | Selasa, 14 Agustus 2018 | 20:03 WIB

Berita Terkait

Pertamina harus Beli Semua Minyak dari KKKS
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Pertamina (Persero) mendapat tugas baru untuk membeli semua hasil lifting minyak mentah dan gas bumi kontraktor kontrak kerja sama (KKKS).

Hal ini berdasarkan arahan Presiden Joko Widodo pada rapat terbasas, Selasa (14/8/2018). Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan, akan merealisasikan instruksi dari Presiden Jokowi. Semua minyak mentah dan gas bumi yang dilifting KKKS tak boleh diekspor ke luar negeri.

"Hari ini kan ratas, ada beberapa poin arahan terkait ESDM. Ada lllbeberapa poin tindak lanjut. Presiden minta lifting minyak di KKKS untuk dibeli untuk seluruh oleh Pertamina. Tidak diekspor," kata Kepala Biro KLIK Kementerian ESDM, Agung Pribadi di Jakarta, Selasa (14/8/2018).

Agung menyebut, arahan tersebut akan membuat impor minyak oleh Pertamina bakal berkurang. Nah, hal itu akan menghemat devisa dan diyakini akan membuat mata uang rupiah menguat lagi. "Tidak ada ekspor lagi nanti oleh KKKS. Ini tentu akan mengurangi impor minyak Pertamina," ujar dia.

Mengenai regulasinya, kata Agung, dalam waktu dekat ini akan dibuat. Mengenai ketentuan teknis untuk menjalankan arahan itu, termasuk waktu pelaksanaanya, Kementerian ESDM menyerahkan ke Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Migas (SKK Migas) selaku regulator yang menangani kegiatan hulu migas.

"Nanti disiapkan regulasinya oleh SKK Migas. Waktunya nanti ditentukan aturannya. Biar SKK Migas yang menindak lanjuti," kata dia. [hid]

Komentar

x