Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 21 September 2018 | 15:54 WIB

Kilang Pertamina Mampu Olah Minyak KKKS

Oleh : Indra Hendriana | Rabu, 15 Agustus 2018 | 17:01 WIB

Berita Terkait

Kilang Pertamina Mampu Olah Minyak KKKS
(Foto: istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - PT Pertamina (Persero) menyatakan spesifikasi minyak mentah bagian kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) sesuai dengan fasilitas pengolahan minyak (kilang) miliknya.

Dengan demikian, perusahaan pelat merah ini siap menampung minyak mentah bagian KKKS. Apalagi hal ini adalah penugasan dari pemerintah yang harus dijalankan Pertamina.

"Kemampuan kilang, ini spesifikasi minyaknya sesuai. Crude, lifting KKKS kan crude," kata Vice President Coorporate Communication Pertamina, Adiatma Sardjito di Gedung Kementerian ESDM Jakarta, Rabu (15/8/2018).

Selain itu, kapasitas kilang milik Pertamina untuk mengelola minyak bagian KKKS menampung. Sehingga kilang yang ada saat ini sudah memumpuni mengelola seluruh minyak bagian kontraktor yang dijual ke Pertamina.

"Hitungannya, kami kebutuhan (Bahan Bakar Minyak) 1,5 juta barel. Kilang kami 800 ribu barel," ujar dia.

Menurut Adiatma, dengan adanya pasokan minyak bagian kontraktor,maka Pertamina bisa mengurangi impor minyak mentah. Hal ini akan menghemat pengeluaran devisa negara dan memperkuat nilai tukar rupiah.

"Prinsipnya kan mengurangi impor bisa menyeimbangkan devisa dan nilai tukar. Ini lebih bagus. Jadi tidak perlu dikapalkan kemana-mana, langsung ditaruh ke kilang," ujar dia. [hid]

Komentar

x