Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 18 November 2018 | 16:24 WIB

Ingin Sedot Devisa Jumbo, Dengarkan Saran Apindo

Jumat, 17 Agustus 2018 | 14:20 WIB

Berita Terkait

Ingin Sedot Devisa Jumbo, Dengarkan Saran Apindo
Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Hariyadi Sukamdani - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Hariyadi Sukamdani menyarankan pemerintah fokus dalam meningkatkan kinerja sektor riil, serta pariwisata. Demi mendorong melesatnya devisa negara.

"Poinnya tidak fokus kepada berapa angka patokan kurs, tetapi bagaimana upaya membentuk devisa ke depannya," kata Hariyadi Sukamdani kepada wartawan di Jakarta, Kamis (16/8/2018).

Menurut dia, perlu dicontoh negara seperti Thailand yang memiliki daya ekspor yang fenomenal baik di bidang manufaktur maupun pengembangan pariwisata mereka yang juga terkemuka.

Ia mengingatkan bahwa pariwisata jangan sampai diabaikan atau terlupakan, karena hal tersebut bila dikelola dengan baik juga akan mampu menghasilkan devisa yang besar. "Konsentrasi kita ke depan seharusnya adalah untuk menggerakkan sektor riil, manufaktur untuk ekspor, dan juga ada pariwisata di sana," kata Sukamdani.

Ketua Apindo ini meyakini, apabila seluruh aspek tersebut digerakkan secara satu kesatuan yang saling selaras, maka pertumbuhan ekonomi ke depannya juga dapat melebihi dari 5,3% per tahun. [tar]

Komentar

x