Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 23 September 2018 | 10:31 WIB

Program Selamatkan Rupiah

Pertamina Belum Bisa Olah Minyak ConocoPhilips

Oleh : Indra Hendriana | Selasa, 28 Agustus 2018 | 11:01 WIB

Berita Terkait

Pertamina Belum Bisa Olah Minyak ConocoPhilips

INILAHCOM, Jakarta - ConocoPhillips menyatakan akan berbicara dengan Pertamina dalam waktu dekat tentang kewajiban menjual produksi minyak KKKS untuk menyelamatkan pelemahan rupiah terhadap dolar AS.

Vice President Commercial and Business Development ConocoPhillips, Taufik Ahmad menyatakan teknologi Pertamina belum bisa mengolah minyak mentah jatah perusahaannya.

"Kami masih bicara kalau memang Pertamina megnambil bagian KKKS karena masalahnya spek-nya, spek minyaknya belum tentu cocok sama kilang milik Pertamina, kalau diambil semua," kata Taufik disela-sela rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi VII DPR RI, Jakarta, Senin (26/8/2018).

Dengan demikian, pihaknya akan bertanya mengenai kesiapan dari Pertamina mengolah hasil minyak jatah mereka. "Jadi kami bicara sama Pertamina, gimna cara ngolahnya," kata dia.

Untuk itulah, lanjut dia, selama ini jatah minyak mentah miliknya itu selalu diekspor. "Kenapa kami ekspor karena (minyak yang bagian KKKS) selama ini ada yang enggak cocok," kata dia.

Dia melanjutkan, setelah berbicara dengan Pertamina, baru pihaknya akan berbicara mengenai harga jualnya. "Kami belum bicara harga (jual) masih bicara spek dulu aja," kata dia.

Adapun ConocoPhilips, kata dia, memproduksi minyak dari Blok Corridor sebesar 6-7 ribu barel per hari (bph) atau sebesar 200 ribu barel selama satu tahun. Produksi ini lebih kecil lantaran blok tersebut dominan menghasilkan gas.

Sementara PT Pertamina (Persero) sebelumnya memastikan seluruh minyak hasil produksi di Indonesia bisa diolah di kilangnya. Dengan begitu perusahaan minyak milik pemerintah ini siap membeli semua minyak yang dihasilkan KKKS. [hid]

Komentar

x