Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 21 September 2018 | 15:48 WIB

Enaknya Freeport Dapat Perpanjangan IUPK (Lagi)

Oleh : Indra Hendriana | Senin, 3 September 2018 | 20:30 WIB

Berita Terkait

Enaknya Freeport Dapat Perpanjangan IUPK (Lagi)
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Energi, dan Sumber Daya Mineral (ESDM) resmi memperpanjang lagi Izin Usaha Pertamtangan Khusus (IUPK) sementara PT Freeport Indonesia (PTFI/Freeport).

Perpanjangan IUPK ini sudah yang kesekian kalinya, di mana izin usaha perusahaan asal Amerika Serikat itu terakhir akan berakhir pada 31 Agustus 2018 lalu. IUPK sementara ini diteken oleh Menteri ESDM, Ignasius Jonan 31 Agustus lalu.

Menurut Direktur Teknik Minerba, Kementerian ESDM, Bambang Susigit perpanjangan IUPK Sementara itu berlaku hingga 31 September 2019. Perpanjangan dilakukan karena proses negoisasi antara Freeport dan Indonesia yang belum selesai hingga detik ini.

"Sudah diperpanjang, sudah diteken juga dengan pak Menteri. Diperpanjang hingga akhir September besok," kata Bambang di Gedung DPR, Jakarta, Senin (3/9/2018).

Dengan IUPK Sementara ini, maka Freeport masih bisa melakukan ekspor konsentrat hingga akhir September. Adapun perpanjangan IUPK Sementara ini sesuai dengan Keputusan Menteri Nomer 1948/30/ME/2018.

Sementara Direktur Eksekutif PT. Freeport Indonesia, Tony Wenas enggan berkomentar mengenai perpanjangan ini. Dia berkelit bila dirinya belum melihat IUPK sementara tersebut. "Udah kali ya, tapi saya belum liat," ujar Tony.

Saat ditanya sampai dimana proses negoisasi antara pemerintah dan Freeport Tony mengatakan tidak bisa menjelaskan secara rigid. "Saya gak bisa jelaskan kalau yang itu," ujar Tony. [ipe]


Komentar

x