Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 23 September 2018 | 10:29 WIB

Duit Ekspor Migas dan Minerba Harus Pulang Kampung

Oleh : Indra Hendriana | Rabu, 5 September 2018 | 07:09 WIB

Berita Terkait

Duit Ekspor Migas dan Minerba Harus Pulang Kampung
Menteri ESDM Ignatius Jonan - (Foto: Inilahcom/Eusebio Chrysnamurti)

INILAHCOM, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengingatkan seluruh eksportir Migas dan Minerba untuk membawa pulang atau menyimpan uang hasil ekspornya di dalam negeri.

"Bagi eksportir sumber daya alam di sektor minerba, migas, itu hasil ekspor harus kembali ke dalam negeri," kata Menteri ESDM Ignatius Jonan saat jumpa pers di kantornya, Jakarta Pusat, Selasa (4/9/2018).

Hal ini dilakukan untuk menekan desifit transaksi bejalan yang kian melebar sampai 3%. Dibawanya pulang uang hasil ekspor di sektor Migas dan Minerba diharapkan bisa menekan defisit tersebut.

Menurut Jonan, selaian dibawa ke dalam negeri juga ada cara lainnya. Yakni menyimpan di bank devisa milik dalam negeri di negara itu. Bila itu tidak dilakukan, maka pihaknya akan memberikan sanksi terhadap pengusaha ekspor tersebut.

"Kan ada BNI di Hong Kong, BRI di Singapura, dan sebagainya. Jadi tidak ada alasan oh saya pakai mata uang asing, ya kan bisa balik ke sini," kata Jonan yang pernah dipanggil sebagai saksi KPK dalam kasus Hubla tapi tidak hadir.

Dengan demikian, pihaknya akan meminta bukti dari para pengusaha Migas dan Minerba bahwa uang hasil ekspor tersebut sudah kembali ke dalam negeri.

Pemerintah akan menyusun mekanisme yang bisa menagih bukti ke eksportir, hingga bisa diketahui berapa uang yang kembali dana berapa yang digunakan untuk gaji, mesin, dan sebagainya. "Emang kalau tidak kembali, mau disimpan di mana sih? Saya jadi pengen tahu," katanya. [ipe]


Komentar

x