Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 23 September 2018 | 10:30 WIB

Dewan energi Siap Dampingi Daerah Susun RUED

Oleh : Indra Hendriana | Rabu, 5 September 2018 | 08:09 WIB

Berita Terkait

Dewan energi Siap Dampingi Daerah Susun RUED
Anggota DEN Rinaldy Dalimi - (Foto: Den.go.id)

INILAHCOM, Jakarta - Dewan Energi Nasional (DEN) menyatakan, bahwa pihaknya siap memberikan pendampingan pada daerah untuk menyelesaikan penyusunan Rencana Umum Energi Daerah (RUED).

"RUED ini seharusnya disusun daerah, DEN tidak dalam posisi ikut menyusun. DEN kepentingannya bagaimana RUED tak bertentangan dengan RUEN (Rencana Umum Energi Nasional)," kata anggota DEN Rinaldy Dalimi di Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (4/9/2018).

Menurut Rinaldy, pendampingan itu karena ketidaksamarataan sumber daya manusia (SDM) menyusun RUED. Sehingga DEN ambil posisi dampingi daerah untuk menyusun RUED. "Kami beri masukkan dan arahan agar RUED tidak bertentangan RUEN dan KEN yang sudah kita tetapkan," kata dia.

Sementara Anggota DEN lainnya, Dwi Hary Soeryadi mengungkap, sudah ada delapan daerah yang sudah dilakukan pendampingan. Dari pendampingan itu delapan daerah sudah menyelesaikan draf RUED.

Adapun delapan daerah yang telah menyelesaikan draf yaitu, Begkulu, Jawa Barar, Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, NTB, Kalimantan Utara dan Maluku. Sisanya atau sebanyak 26 provinsi belum menyelesaikan draft RUED.

"Ada usulan dibuat semacam tim asistemsi dan supervisi yang melibatkan tim kementeriaan dalam negeri dan ESDM. Itu agar semua bisa bersinergi dan segera berjalan," ujar dia.

Di samping itu, lanjut dia, tujuan dari RUED dan RUEN untuk mempercepat target bauran energi 23% tercapai pada 2025. Kemudian sebanyak 30% pada 2030. "Kemudian adanya perbedaan persepsi dan perbedaan kebijakan perlu adanya singkroniasi yang mengarah pada target energi terbarukan sesuai kebijakan energi nasional tercapai," katanya.

Menurut dia, targer percepatan regulasi nasional dan daerah seyogyanya selesai setelah RUEN ditetapkan. Namun faktanya baru 8 daerah yang baru menjalankan komitmen menyelesaikan draf perda penyusunan RUED. Maka dari itu pendampingan ini perlu dilakukan. [ipe]




Komentar

x