Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 19 November 2018 | 17:29 WIB

Kawal Prioritas Energi

DEN Siap Dampingi Pemda Susun RUED

Oleh : Wahid Ma'ruf | Rabu, 5 September 2018 | 14:27 WIB

Berita Terkait

DEN Siap Dampingi Pemda Susun RUED
(Foto: esdm.go.id)

INILAHCOM, Jakarta - Dewan Energi Nasional (DEN) menyatakan kesiapannya untuk melakukan pendampingan kepada pemda dalam menyusun Rencana Umum Energi Daerah (RUED).

Sebab saat ini membutuhkan perencanaan yang matang agar pengelolaan energi dapat berjalan dengan seimbang sesuai dengan prioritas saat ini. "Dewan Energi Nasional akan memberikan pendampingan kepada Pemerintah Daerah dalam menyusun RUED. Pedampingan yang dilakukan terbagi menjadi dua, satu melalui sosialisasi dan Focus Group Discusion (FGD) dan kedua melalui pedampingan langsung oleh tim task force," ujar Anggota DEN dari pemangku kepentingan, Rinaldy Dalimi seperti mengutip dari esdm.go.id.

"Kita punya kepentingan supaya RUED ini dapat selesai lebih cepat, kita juga akan ikut membantu bagaimana proses di daerah ini, bagaimana RUED ini menjadi Perda."

Pendampingan oleh DEN juga dimaksudkan agar RUED sesuai dengan Rencana Umum Energi Nasional (RUEN) agar rencana pusat dan daerah sejalan. "Kita harus link antara RUED dengan RUEN, kalau 34 provinsi membuat RUED maka harus terintegrasi dengan RUEN sehingga sasaran yang ingin dicapai sesuai," tambah Rinaldy.

Sebelumnya proses pendampingan yang dilakukan oleh DEN adalah mendatangi satu persatu Pemerintah Provinsi di Indonesia, bertemu dengan pimpinan Pemerintah Daerah masing-masing dengan tujuan memberitahukan bahwa RUED ini penting dan berhasil mempercepat proses penyusunan RUED itu.

"Proses asistensi supervisi dan problem solving akan diberikan kepada Pemerintah Daerah sekaligus untuk menyelesaikan semua masalah-masalah yang ada bisa dipecahkan secara bersama-sama," lanjutnya.

Rinaldy menjelaskan, jika RUED terlambat disusun akan menyebabkan terganggunya proses energy mix di daerah yang tidak mengarah prioritas pembangunan energi nasional yang memprioritaskan pengembangan energi terbarukan dibandingkan dengan sumber energi lain.

Komentar

Embed Widget
x