Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 21 November 2018 | 11:59 WIB

Rupiah Babak Belur, Eks Mendag Jokowi Malah Hepi

Oleh : M Fadil Djaelani | Sabtu, 8 September 2018 | 16:27 WIB

Berita Terkait

Rupiah Babak Belur, Eks Mendag Jokowi Malah Hepi
Mantan Menteri Perdagangan sekaligus pengusaha, Rachmat Gobel - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Mantan Menteri Perdagangan sekaligus pengusaha, Rachmat Gobel justru senang dengan melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS). Lho, enggak salah tuh?

Gobel bilang, momentun pelemahan rupiah bisa dimanfaatkan untuk mendongkrak nilai ekspor. "Sebetulnya ini kan pelemahan bukan kali ini saja kita alami, tapi sebelumnya juga pernah. Ini justru momentum untuk dongkrak nilai ekspor, jadi kita punya rupiah yang lebih banyak," kata Gobel dalam sebuah diskusi di kawasan Menteng, Jakarta, Sabtu (8/9/2018).

Maka dari itu kata dia, pemerintah Indonesia harus bisa memanfaatkan kondisi saat ini dengan menggenjot nilai ekspor. "Sekarang adalah bagaimana memanfaatkan kalau untuk saya ini peluang sebetulnya sebagai pengusaha ini peluang. Bagaimana kita bisa dorong ekspor kita dari Indonesia," ujar dia.

Namun, hal itu tentu saja tidak mudah. Dia menyebutkan, pemerintah perlu turun tangan membantu pengusaha menghadapi kendala-kendala ekspor yang kerap terjadi. "Tentu untuk bisa mendorong ekspor kita apa hambatan-hambatan yang dihadapi para pengusaha. Ini yang menurut saya, sebetulnya tidak terlampau khawatir dengan masalah ini (pelemahan Rupiah)," kata Gobel.[ipe]



Komentar

Embed Widget
x