Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 22 November 2018 | 04:09 WIB

BBM Satu Harga Hadir di Jayawijaya

Oleh : Wahid Ma'ruf | Minggu, 9 September 2018 | 06:21 WIB

Berita Terkait

BBM Satu Harga Hadir di Jayawijaya
(foto: istimewa)

INILAHCOM Jayawijaya - Dua lembaga penyalur BBM Satu Harga kembali diresmikan Pemerintah, Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Kompak di Wamena, Kabupaten Jayawijaya dan SPBU Kompak Bokondini di Kabupaten Tolikara, Provinsi Papua.

Masyarakat yang sebelumnya membeli BBM dengan harga Rp50.000 hingga Rp70.000 per liter kini dapat menikmati harga yang sama seperti di wilayah lain, yakni Rp5.150/liter untuk bahan bakar jenis Solar dan Rp6.450/liter untuk Premium.

Dengan tambahan beroperasinya dua SPBU ini, maka program BBM Satu Harga sudah sampai di titik ke-79. Sebelumnya di 2017, telah dibangun 57 penyalur. Pada tahun 2018 ini, sebanyak 73 lembaga penyalur akan dibangun Pemerintah. Jumlah tersebut terbagi menjadi 67 disediakan oleh Pertamina dan 6 dibangun oleh AKR.

"Angka itu (titik BBM Satu Harga) akan kita terus kejar agar masyarakat di semua daerah bisa menikmati BBM Satu Harga," ujar Direktur Pembinaan Usaha Hilir Migas Kementerian ESDM, Yuli Rachwati dalam sambutannya pada peresmian yang dipusatkan di SPBU Kompak di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Sabtu (8/9/2018) seperti mengutip dari esdm.go.id.

Kehadiran SPBU Kompak di pegunungan tengah Papua disambut baik oleh masyarakat Wamena dan Bokodini. Diungkapkan Bupati Jayawijaya Wempi Wetipo, masyarakat yang mendiami pegunungan tengah Papua kini terbantu dengan hadirnya lembaga penyalur BBM Satu Harga di wilayah mereka.

"Tadinya warga membeli BBM dengan harga Rp50.000 - Rp 70.000 per liter. Dengan mudahnya akses bahan bakar bagi masyarakat, geliat perekonomian masyarakat juga menjadi lebih subur. Harapan kedepannya, kuota BBM untuk wilayah Wamena dapat ditinjau kembali, mengingat pegunungan tengah Papua menjadikan titik ini sebagai pusat perekonomian," ujar Wempi.

Senada dengan Bupati Jayawijaya, Staf Ahli Bupati Tolikara Edie Rante Tasak yang hadir pada kesempatan tersebut, mengungkapkan harapannya terkait pertumbuhan ekonomi pegunungan tengah Papua yang salah satunya ditandai dengan kehadiran BBM Satu Harga ini.

"Saat ini jalur lintas Papua tengah dibangun, beberapa tahun ke depan, dari satu wilayah ke wilayah lainnya bisa menggunakan perjalanan darat. Besar harapan jika Pemerintah pusat terus memperhatikan perkembangan daerah Tolikara," imbuh Edie mewakili Bupati Tolikara.

Peresmian kedua SPBU tersebut ditandai dengan pengisian BBM pada kendaraan bermotor oleh Yuli Rachwati bersama Bupati Jayawijaya Wempi Wetipo, Staf Ahli Bupati Tolikara Edie Rante Tasak, dan Manager Communication and Relation Wilayah Maluku-Papua PT Pertamina (Persero) Eko Kristiawan dengan disaksikan jajaran TNI dan Polri, pemilik SPBU Kompak Bokondini, pemilik SPBU Kompak Wamena serta tokoh masyarakat di Kabupaten Jayawijaya.

Komentar

Embed Widget
x