Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 22 November 2018 | 04:11 WIB

Sinergi PLN-RSCM Terjunkan Dokter di Gempa Lombok

Oleh : Indra Hendriana | Rabu, 12 September 2018 | 02:29 WIB

Berita Terkait

Sinergi PLN-RSCM Terjunkan Dokter di Gempa Lombok
(Foto: Inilahcom/Indra Hendriana)

INILAHCOM, Lombok - PT Perusahaan Lisitrik Negara (Persero/PLN) menggandeng Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), menyediakan layanan kesehatan fisik dan psikis gratis kepada korban gempa bumi Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Kegiatan ini merupakan sinergi PLN dengan RSCM, melalui program PLN Peduli. Tujuannya ialah untuk meringankan beban masyarakat Lombok, khususnya Lombok Utara. Terutama dalam pelayanan medi psikiatri. "Kegiatan ini adalah kelanjutan program kami, wujud kepedulian PLN terhadap korban gempa di Lombok," kata Manager Senior CSR PLN Ida Zubaidah di Lombok, Selasa (11/9/2018).

Dia menjelaskan, bukan kali ini saja PLN turun ke Lombok, sejak awal, perusahaan setrum ini sudah turun tangan. Mulai dari pembenaran dan pemasangan listrik yang padam akibat gempa. "Sejak awal gempa kami sudah turun mulai dari kelistrikannya, kami buka dapur umum selain melayani tim kami juga layani masyarakat," kata dia.

Kerja sama ini, menurunkan dokter untuk memulihkan kondisi kesehatan korban pasca bencana gempa bumi. Baik dari sisi psikis maupun fisik. Setidaknya ada 19 orang yang diterjunkan RSCM.

Dokter itu teridiri dari Psikiatri untuk menghilang trauma korban, dokter umum, petugas farmasi dan dokter spesialis. "Kami fokus sekarang recovery, termasuk sisi kesehatan juga, ini masa-masa recovery mereka tinggal di tenda sekian lama, mungkin sakit makanan menuny kurang, kondsi ini mungkin membuat kesehatan menurun, juga trauma gempa yang terjadi berkali-kali," ujar Ida.

Menurut Ida, dengan dipulihkanya kondisi psikis dan fisik para korban gempa, maka akan memudahkan untuk memperbaiki perekonomian Lombok yang saat ini melambat pasca gempa. Selain itu, PLN juga memberikan alat kesehatan standar dan obat-obatan di 10 Pusat Kesehatan Masyarakat, di Lombok Utara.

"Walu PLN ada program lain infrastruktur dasar, hunian, elektrifikasi. Orangnya terlebih dahulu, ekonomi harus bangkit, kita pulihkan lagi kondisi ini pertama orangnya dulu dari sisi kesehatan psikis karena musibah berulang menimbulkan trauma, juga fisiknya," kata dia.

Sementaram Direktur Utama RSCM dr Lies Dina Liastuti menambahkan, kehadiran tenaga medis dari RSCM bertujuan untuk membangkitkan semangat tenaga medis lokal, yang sudah lelah memberikan pelayanan ke masyarakat sejak awal terjadi gempa pada akhir Agustus 2018.

Tenaga medis RSCM tersebut juga akan menggantikan posisi tenaga medis lokal sementara, untuk memberikan kesempatan mereka berisitirahat. "Kami ingin membangkitkan kembali semangat rasa trauma tenaga kesehatan, ada puskesmas yang ambruk, itu seharusnya mereka juga ditolong tapi harus menolong orang lain," kata dia. [ipe]

Komentar

Embed Widget
x