Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 22 November 2018 | 04:07 WIB

Inilah Siasat Ryamizard Ngirit Anggaran Alutsista

Rabu, 12 September 2018 | 05:09 WIB

Berita Terkait

Inilah Siasat Ryamizard Ngirit Anggaran Alutsista
Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu - (Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu punya strategi khusus dalam menghemat anggaran belanja alat utama sistem pertahanan alias alutsista. Mau tahu?

"Kita selalu lakukan lobi-lobi kee sejumlah negara produsen alutsista. Kita upayakan pembelian dengan skema government to government. Dengan pola ini, bisa menghemat anggaran hingga 50 persen lho," kata Ryamizard dalam ramah-tamah dengan wartawan di Jakarta, Senin (10/9/2018).

Informasi saja, APBN 2018 mematok Rp4,5 triliun untuk belanja alutsista dan alat komunikasi khusus (almatsus). Di mana terjadi penghematan atas belanja barang di Kemenhan sebesar Rp403,5 miliar.

Tahun depan, Kemenhan telah mengajukan anggaran sebesar Rp216 triliun untuk 2019. Namun, Kementerian Keuangan menyetujui Rp106 triliun masuk dalam RAPBN 2019. Namun, Kemhan mengajukan tambahan Rp1,1 triliun menjadi Rp107,1 triliun.

Urusan mengelola anggaran, Ryamizard bilang, tidak bisa main-main. Semuanya harus dikelola dengan benar, transparan dan bisa dipertanggung jawabkan. "Itu uang rakyat, kita ingin semuanya jelas dan bisa dipertanggung jawabkan. Misalnya untuk beli tank, barangnya ada. Demikian pula pesawat tempur atau senjata lainnya," ujar Ryamizard.

Komitmen pria berdarah Palembang, Sumatera Selatan dalam menjalankan keterbukaan dalam penggunaan keuangan negara, diapresiasi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Alhasil, laporan keuangan Kemenhan langganan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). [tar]

Komentar

Embed Widget
x