Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 12 Desember 2018 | 18:16 WIB

Kemenpar Akui Tabanan, Destinasi Wisata Terbaik

Minggu, 16 September 2018 | 13:00 WIB

Berita Terkait

Kemenpar Akui Tabanan, Destinasi Wisata Terbaik
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Tabanan - Dalam Festival Jatiluwih 2018, Kementerian Pariwisata menetapkan Pemkab Tabanan sebagai Kabupaten dengan destinasi pariwisata terbaik se-Indonesia untuk tahun ini.

"Apresiasi yang tinggi dari Kementerian Pariwisata atas capaian Kabupaten Tabanan sebagai destinasi pariwisata terbaik di Indonesia dan telah berhasil mengadakan berbagai macam festival yang selalu mengkolaborasikan seni tradisional dengan modern sehingga mampu menarik hati wisatawan," kata Tenaga Ahli Menteri Pariwisata Bidang Pemasaran dan Kerjasama Pariwisata I Gede Pitana, Minggu (16/9/2018).

Pitana menambahkan, daerah Jatiluwih merupakan model pembangunan pariwisata berbasis pertanian di tingkat nasional. Di mana, pelestarian kebudayaan khususnya sistem irigasi Subak yang melekat kuat akar budaya Bali, layak dijadikan contoh di level nasional maupun internasional.

"Kami berharap agar festival ini bisa dilaksanakan secara konsisten setiap tahunnya dengan waktu dan tanggal yang pasti sehingga menjadi event yang ditunggu-tunggu bagi para wisatawan," kata Pitana.

Sementara, Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati menyebut jalan panjang menjadikan Jatiluwih sebagai warisan budaya dunia. Hal ini bukanlah perkara mudah, perlu perjuangan panjang.
"Saya mengikuti proses penetapannya waktu itu saya ikut hadir ke Rusia, selama 12 tahun kita mengusulkan agar subak diakui sebagai warisan dunia," papar Tjokorda.

Atas capaian ini, Tjokorda mengaku bangga dan berterima kasih kepada seluruh pihak yang berhasil mengembangkan Jatiluwih secara signifikan. Khususnya masyarakat yang selama ini tak kenal lelah dalam bekerja bersama-sama guna menjaga dan melestarikan warisan budaya dunia.

"Jatiluwih ini bukan hanya menjadi kebanggaan masyarakat Tabanan, melainkan menjadi kebanggaan masyarakat Bali dan juga Indonesia yang harus terus dijaga dan dilestarikan. Dengan adanya festival ini diharapkan mampu meningkatkan wisatawan dan dijadikan agenda ruti guna terwujudnya cita-cita pebangunan," terang Tjokorda.

Pandangan senada disampaikan Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti. Dia berharap, adanya festival ini, memberikan manfaat kepada seluruh lapisan masyarakat. Dengan banyaknya wisatawan yang berkunjung, diharapkan perekonomian bisa semakin berkembang dan masyarakatpun akan sejahtera.

"Setiap Festival kita selalu melibatkan masyarakat, berbagai produk unggulan daerah baik itu dari UMKM atau Bumdes selalu kita tampilkan, karena kita konsep nya dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat," kata Eka. [tar]



Komentar

x