Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 10 Desember 2018 | 23:41 WIB
Hightlight News

DPR Endus Dana Pendidikan Rp444,1 T Salah Sasaran?

Oleh : Wahid Ma'ruf | Kamis, 20 September 2018 | 10:50 WIB

Gaji Guru Honorer

DPR Endus Dana Pendidikan Rp444,1 T Salah Sasaran?
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Ketua DPR, Bambang Soesatyo tidak menampik besarnya anggaran pendidikan yang mencapai 20 persen dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), belum bisa digunakan secara maksimal untuk meningkatkan kualitas pendidikan nasional.

Padahal, dari total APBN 2018 Rp 2.220 triliun, sudah dialokasikan Rp444,131 triliun untuk sektor pendidikan. “DPR RI sudah menjalankan fungsinya di bidang budgeting dengan mengalokasikan 20 persen APBN untuk sektor pendidikan sesuai amanah UUD 1945. Tinggal bagaimana pemerintah memaksimalkan pengelolaannya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa,” ujar Bamsoet, sapaan akrabnya, saat menerima Rektor dan jajaran Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) di ruang kerja Ketua DPR RI Jakarta, Rabu (19/9/2018).

Mantan Ketua Komisi III DPR RI ini berharap dengan manajemen pengelolaan anggaran yang tepat, berbagai permasalahan pendidikan di Tanah Air bisa segera berakhir. Seperti, rendahnya mutu pendidikan, banyaknya guru honorer yang belum diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), kurangnya sarana dan prasarana pendidikan serta kekurangan guru dan tenaga pengajar di berbagai pelosok daerah.

“Saat ini besarnya anggaran pendidikan tersebut memang belum terserap sepenuhnya untuk sektor pendidikan formal. Anggaran masih terbagi ke berbagai kementerian lembaga untuk dimanfaatkan dalam bidang pendidikan dan latihan. Kita berharap dengan semakin sehat dan besarnya pendapatan negara, kelak 20 persen APBN bisa benar-benar dimanfaatkan sepenuhnya untuk sektor pendidikan formal,” jelas Bamsoet seperti mengutip dari dpr.go.id.

 

1

Komentar

x