Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 19 November 2018 | 17:34 WIB

Upaya Pencegahan Karhutla Tetap Jadi Prioritas

Kamis, 20 September 2018 | 19:25 WIB

Berita Terkait

Upaya Pencegahan Karhutla Tetap Jadi Prioritas
(Foto: KLHK)

INILAHCOM, Jakarta - Brigade Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Manggala Agni wilayah Kalimantan Selatan mengerahkan semua upaya untuk mengantisipasi potensi Karhutla yang masih menjadi ancaman di musim kemarau ini.

Upaya pencegahan menjadi prioritas dalam penanganan Karhutla, melalui kegiatan patroli, sosialisasi, pelatihan kepada masyarakat, dan juga deteksi dini terhadap titik panas (hotspot) yang terpantau.

Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan, Raffles B Panjaitan meminta kepada seluruh Kepala Daops dan Manggala Agni di daerah untuk selalu aktif melakukan patroli pencegahan dan pemadaman secara dini pada areal-areal yang ditemukan karhutla.

Arahan tersebut pun segera ditindaklanjuti Manggala Agni di lapangan dengan selalu siaga, tetap aktif melakukan upaya pencegahan, baik secara mandiri atau pun gabungan bersama instansi lain di tingkat tapak.

Sebagaimana yang dilakukan Manggala Agni Daops Banjar, yang tergabung dalam Tim Posko Gabungan Provinsi Kalimantan Selatan bersama-sama dengan anggota tim lainnya yaitu TNI, Polri, dan BPBD melaksanakan sosialisasi di Kecamatan Sei Tabuk, Liang Anggang, dan Kecamatan Mandastana. Sosialisasi dilaksanakan dengan anjangsana kepada masyarakat yang sedang beraktivitas, baik di kebun atau pun di lingkungan rumahnya.

Patroli dilakukan dilakukan oleh anggota tim posko gabungan karhutla di Kecamatan Mandastana Kabupaten Barito Kuala dan Kecamatan Liang Anggang Banjarbaru. Manggala Agni secara mandiri juga melakukan patroli di Kecamatan Liang Anggang dan Kecamatan Landasan Ulin Kota Banjarbaru.

Manggala Agni Daops Banjar juga melakukan pelatihan kepada Masyarakat Peduli Api (MPA) yang telah dibentuk sebelumnya. Pelatihan ini bertujuan untuk terus meningkatkan kemampuan dan keterampilan MPA sehingga dapat mendukung dan membantu Manggala Agni atau pihak lainnya dalam melakukan pengendalian karhutla. Pembinaan MPA dilaksanakan kepada kelompok MPA di Kecamatan Cintapuri Darusallam Kabupaten Banjar sebanyak 15 orang, Selasa (18/9/2018).

Kegiatan-kegiatan patroli, sosialisasi, pengecekan hotspot juga dilakukan oleh Manggala Agni lainnya, di wilayah Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. "Saya minta kepada seluruh Kepala Daops dan Manggala Agni agar terus melakukan patroli baik terpadu atau pun mandiri. Manggala Agni juga harus siap melakukan antisipasi dalam setiap kegiatan penanggulangan yang dilakukan di daerah. Hotspot yang terpantau melalui satelit, segera turunkan tim ke lapangan untuk groundchek hotspot tersebut," tegas Raffles.

Sementara berdasarkan pantauan satelit NOAA tadi malam (19/9/2018), terdapat lima hotspot yang tersebar di Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Sumatera Barat, sehingga total hotspot 1 Januari 19 September 2018 adalah sebanyak 3.552 titik. Lain halnya pantauan hotspot dari Satelit TERRA AQUA (NASA) confidence level di atas 80% yang menunjukkan 0 titik, dan Satelit TERRA AQUA (LAPAN) confidence level di atas 80%, menunjukkan 16 titik.

Komentar

Embed Widget
x