Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 18 November 2018 | 16:17 WIB

Sri Mulyani Heran Green Tea Saja Impor?

Oleh : M Fadil Djailani | Senin, 24 September 2018 | 17:38 WIB

Berita Terkait

Sri Mulyani Heran Green Tea Saja Impor?
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati geregetan dengan banyaknya produk impor yang masuk ke tanah air. Akibatnya defisit transaksi berjalan terus membengkak.

Okelah, kata Sri Mulyani yang diimpor itu merupakan barang yang belum bisa diproduksi oleh industri dalam negeri. Namun, faktanya banyak produk impor yang tak masuk akal, semisal teh hijau atau green tea.

"Masa Indonesia nggak bisa bikin kaya green tea, itu kita impor dan itu ada demand (permintaan)-nya banyak," tegas Sri Mulyani dalam sebuah seminar di Jakarta, Senin (24/9/2018).

Tak hanya green tea, mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini, mempertanyakan sejumlah produk perikanan impor. Sebagai negara kepulauan, Indonesia punya potensi perikanan dan kelautan yang luar biasa.
"Indonesia lebih banyak laut dari pada darat, harusnya nggak ada impor ikan kecuali ikan langka," Sri Mulyani geram lagi.

Demikian pula sejumlah produk tekstil, kata Sri Mulyani, Indonesia masih bergantung kepada impor berupa, khususnya barang mentah atau raw material.

Ke depan, dia mendambakan produk tekstil setengah jadi itu, diolah di dalam negeri, selanjutnya bisa diekspor. "Harusnya diekspor juga supaya seimbang," kata Sri Mulyani. [ipe]


Komentar

x