Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 12 Desember 2018 | 18:20 WIB

Industri E-Sport Sawer Rp12,3 T untuk Ekonomi RI

Rabu, 26 September 2018 | 13:30 WIB

Berita Terkait

Industri E-Sport Sawer Rp12,3 T untuk Ekonomi RI
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Kini, olahraga elektronik atau e-sport sudah menjadi industri gamming yang bertumbuh pesat di tanah air. Kontribusi terhadap perekonomian nasional lumayan jumbo.

Komisaris PT Telkomsel, anak usaha PT Telkom, Diaz Hendropriyono menyebut industri eSports Indonesia yang merupakan bagian dari ekonomi kreatif, kini menduduki peringkat ke-16 dunia. "Ke depan, sektor ini masih akan terus berkembang," papar Diaz yang juga menjabat Ketua Umum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) dalam ajang Indonesian eSports Games di Jakarta, Selasa (25/9/2018).

Kompetisi yang diinisiasi PKPI, kata Diaz merupakan komitmen dan kerja nyata PKPI dalam memajukan ekonomi kreatif di era Joko Widodo. "Saat ini, jumlah gamer di tanah air mencapai 43,7 juta orang. Di mana, industri eSports nasional berkontribusi signifikan terhadap perekonomian nasional. Angkanya mencapai Rp12,3 triliun per tahun," paparnya.

Ajang Indonesian eSports Games yang dibuka Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Triawan Munaf mewakili Presiden Jokowi itu, digelar bertepatan dengan HUT Diaz. Kompetisi bergengsi ini memiliki pool prize senilai Rp580.000.000.

Terdapat enam game yang dipertandingkan, yaitu Dota 2, Counter Strike: Global Offensive, PUBG Mobile, Mobile Legends, Tekken 7, dan Point Blank. Di mana, fase qualifier berlangsung pada November-Desember 2018. Dilanjutkan tahap play-off pada Januari 2019. Sedangkan finalnya direncanakan Februari 2019.

Indonesian eSports Games menargetkan lebih dari 10.000 peserta dari Sabang hingga Merauke. Melalui siaran langsung (livestream), kompetisi ini bakal ditonton lebih dari 25 ribu penonton online per-hari. Selain itu, penonton offline diprediksi mencapai 15 ribu orang per hari.

Dalam sambutannya, Triawan mengaku sangat terkesan dengan inovasi yang dilakukan PKPI dan Diaz dalam memajukan ekonomi kreatif di tanah air. Selain itu, PKPI memiliki Departemen khusus membidangi eSports yang dipimpin Yudi Kurniawan, salah satu gamer terbaik di Indonesia. Seakan PKPI ingin menunjukkan keberpihakan terhadap kalangan milenial sangat kongkret.

Selain Triawan Munaf, hadir pula mantan Kepala BIN AM Hendropriyono; Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Maruf Amin, Erick Thohir; Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Archandra Tahar. [tar]

Komentar

x