Find and Follow Us

Kamis, 25 April 2019 | 08:01 WIB

Pertamina Masih Jual B0 untuk 3 Sektor Ini

Oleh : Indra Hendriana | Jumat, 28 September 2018 | 16:50 WIB
Pertamina Masih Jual B0 untuk 3 Sektor Ini
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Pertamina saat ini masih menjual B0 kepada beberapa sektor. Ketiga sektor tersebut yakni kelistrikan PLN, Freeport, dan alutsista (alat utama sistem pertahanan) untuk TNI dan Polri.

Dirjen Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Djoko Siswanto mengatakan, tiga sektor itu tidak bisa menggunakan B20. "Selain Pertamina sudah tidak ada lagi yang jual B0. Jadi semua sudah B20 selain Pertamina," kata Djoko di Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (28/9/2018).

Djoko mengungkap, kebutuhan B0 untuk Alutsista TNI untuk setahun sebanyak 627.000 kilo liter. Namun keperluan B0 untuk Freeport dan PLN, dia belum mengungkapkan. Sebab, pihaknya masik melakukan koordinasi dengan Freeport dan Polri.

"TNI kami udah dapat angkanya 627.000 KL setahun. hari ini kita pengen tanya datanya dari Polri cuma diundur. Kan Polri juga punya senjata. terus yang di Freeport kan kita siang ini harusnya saya rapat di kantor nih yang ke Freeport berapa angkanya. Yang PLN kami sudah pubya datanya angkanya," ujar dia.

Namun begitu, Djoko mengklaim tiga sektor itu menggunakan B0 non subsidi. "TNI-Polri memang sudah bukan non subsidi solarnya. memang bukan nonsubsidi dari dulu. PLN, TNI itu bbm nya bukan bbm subsidi dari dulu udah begitu," kata dia.

Pemerintah, kata dia, sekarang ini tengah melakukan uji coba B20 untuk digunakan tiga sektor ini. Apakah tiga sektor ini bisa pakai B20 atau tidak.

Pemerintah telah menerapkan program campuran biodiesel 20 persen dengan solar (B20) pada 1 September 2018. Kebijakan tersebut berlaku untuk solar bersubsidi dan non subsidi.


Komentar

x