Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 15 November 2018 | 20:44 WIB

Gubernur Emil Mimpikan Jabar Punya Desa Digital

Sabtu, 29 September 2018 | 12:13 WIB

Berita Terkait

Gubernur Emil Mimpikan Jabar Punya Desa Digital
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Bandung - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengungkapkan, bahwa dirinya mempunyai gagasan besar untuk mengubah peradaban masyarakat desa di Jawa Barat.

Program desa digital menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat di pedesaan. Menurut Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, program desa digital tidak hanya berurusan dengan internet. Lebih jauh, dengan memanfaatkan aplikasi digital atau online masyarakat desa bisa meningkatkan pendatapan serta meneguhkan potensi yang dimiliki oleh desanya.

"Saya sedang menyiapkan desa digital. Siapa bilang digital hanya di kota saja? Kita ubah peradabannya, mulai dari berkomunikasi hingga berdagang online," kata Emil dalam paparannya di acara Leaders Talk yang digelar Telkom University di Trans Luxury Hotel Kota Bandung, Jumat (28/9/18).

"Tak hanya urusan wifi-wifi tapi mengubah cara berdagang, mengubah cara berkomunikasi, memetakan potensi, mempromosikan wisata desanya melalui sebuah digital ekosistem," paparnya.

Untuk itu, Emil mengatakan, bahwa pihaknya mempunyai program pelatihan bagi para petani di desa agar melek e-commerce. Melalui sebuah aplikasi dagang mereka bisa berdagang secara mudah dan murah. "Petani akan dilatih supaya melek terahadap digital commerce. Berdagang murah dengan aplikasi mudah," tuturnya. [tar]

Komentar

x