Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 18 November 2018 | 16:23 WIB

DPR Desak BI Arahkan UKM Layak Dapat Kredit

Oleh : Wahid Ma'ruf | Minggu, 30 September 2018 | 00:18 WIB

Berita Terkait

DPR Desak BI Arahkan UKM Layak Dapat Kredit
(Foto: inilahcom/ilustrasi)

INILAHCOM, Jakarta - Anggota Komisi XI DPR RI, Ahmad Najib Qudratullah (F-PAN) mendorong Bank Indonesia (BI) untuk melatih petani agar ke depannya menjadi bankable dan layak untuk mendapatkan kredit.

Sebab tanpa ditunjang dengan permodalan petani-petani akan sedikit memiliki kendala untuk mengakselerasikan usahanya.

"Ketika para petani sudah bank able tentu kapasitas kemampuan mereka akan meningkat dan dapat memajukan usaha mereka tersebut," kata Najib, panggilan akrabnya, saat mengikuti kunjungan kerja spesifik Komisi X DPR RI ke Lembang, Bandung, Jawa Barat seperti mengutip dpr.go.id.

Politisi dapil Jawa Barat ini mengatakan bahwa tidak seluruhnya masalah petani itu dapat selesai tetapi paling tidak ada stimulan yang diberikan kepada mereka untuk memotivasi para petani agar bisa berkembang lebih jauh.

"Saya mendorong BI, agar petani bisa mendapatkan kredit secara standar, ada bantuan dari pemerintah yang sifatnya tanpa agunan, tetapi gol akhirnya adalah semua masyarakat Indonesia itu dipandang dari sisi perbankan yang layak untuk mendapatkan kredit. Termasuk didalamnya para petani sehingga kami harus bina mereka dan apa saja yang dibutuhkan, sampai mereka layak untuk mendapatkan bantuan atau kredit dari pemerintah," jelas Najib.

Di sisi lain, lanjut Najib, masih ada permasalahan yang sangat sederhana yang menjadi PR bagi pemerintah ke depan, Komisi XI DPR mendapatkan aspirasi terkait dengan masalah infrastruktur pertanian. Para petani sering kali menghadapi masalah-masalah klasik yang nantinya pemerintah perlu mensinergikan program-programnya agar hasil pangan bisa maksimal manfaatnya.

"Masalah infrastruktur bidang pertanian ini sebetulnya jika perencanaan pembangunan bisa terintegrasi dengan baik pemerintah juga tidak harus capai. Artinya kebutuhan jalan yang diusulkan oleh masyarakat harus diintegrasikan dengan kebutuhan di bidang pertanian karena dengan infrastruktur yang bagus maka akan menekan biaya operasional petani dan tentu mereka akan bersaing dengan lebih baik lagi," tambahnya.

Lebih lanjut, kata Najib, dari sisi persaingan, para petani bisa mereduksi ekspenditur mereka karena telah diringankan dengan infrastruktur yang tersedia. "Saran saya, yang utama adalah BI harus secara terus menerus membina petani sehingga mereka bank able dari sisi perbankan," tutur Najib.

Komentar

x